Rabu 06 Dec 2017 18:09 WIB

Kesempatan AC Milan Perpanjang Tren Positif di Liga Europa

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Gennaro Gattuso
Foto: PA-EFE/MARIO TADDEO
Gennaro Gattuso

REPUBLIKA.CO.ID,  RIJEKA -- Mungkin AC Milan memang sedang terpuruk di Serie A Liga Italia. Tapi tidak dengan Liga Europa.

Milan belum terkalahkan di sembilan pertandingan Liga Europa musim ini. Karena itu, tentu Rossoneri ingin melanjutkan tren positif saat tandang ke Krosia untuk menghadapi Rijeka pada Jumat (8/12).

Milan memang memiliki catatan mengesankan di Liga Europa musim ini. Milan sudah tujuh kali menang dan hanya dua kali seri dan sudah dipastikan sebagai juara Grup D, sementara Rijeka dipastikan tidak akan lolos ke fase berikutnya. Sehingga pertandingan ini hanya sebagai formalitas.

Pada pertemuan pertama kedua tim bulan September lalu, Rijeka kalah 2-3 dari Milan. Di Liga Europa, Milan memang tampil perkasa di pertandingan terakhir dengan menghancur Austria Vienna 5-1.

Karena itu, tentu Milan bertekad untuk berlanjut ke babak selanjutnya tanpa mengalami satu pun kekalahan. Tapi tentu atmosfernya akan berbeda ketika Milan bermain di San Siro. Dari sepuluh pertandingan tandang musim ini, AC Milan hanya menang empat kali sisanya kalah atau berakhir seri.

Sementara, Rijeka baru saja menahan imbang AEK Athens dengan skor 2-2. Untuk itu Rijeka tentu ingin tampil lebih baik lagi di depan penggemarnya.

Di sisi lain, setelah ditahan imbang oleh tim promosi Benevento di Serie A tentu Milan tidak mau kembali dipermalukan. Tim asuhan Gennaro Gattuso tentu ingin tampil maksimal di pertandingan ini. Selain itu arsitek Milan Gennaro Gattuso juga memiliki banyak opsi pemain karena saat ini hanya Andrea Conti dan Hakan Calhanoglu yang sedang cedera. Hampir semua pemainnya siap diturunkan.

Tapi bisa saja Gattuso merotasi pemain dalam pertandingan ini untuk mempersiapkan pemain terbaiknya menghadapi Bologna di Serie A akhir pekan nanti. Karena sudah dipastikan lolos ke fase gugur kabarnya Gattuso akan mengistirahatkan beberapa pemain inti.

Sementara Pelatih Rijeka Matjaz Kek juga dikabarkan tidak memiliki masalah cedera yang berarti dalam timnya. Hanya Josip Misic yang sedang kena hukuman kartu merah dan Heber yang cedera dipastikan akan absen saat menjamu Milan. Kek bisa membawa komposisi pemain terbaiknya untuk menghadapi Milan.

Gattuso kemungkinan akan menurunkan skema 3-4-3 pada laga ini. Nikola Kalanic akan kembali didaulat sebagai ujung tombak pada laga ini. Sementara Suso dan Giacomo Bonaventura akan membantu di lini depan sektor sayap.

Adapun Kek kemungkinan menggunakan skema 4-4-3. Mario Gavranovic, Alexander Gorgon, dan Boadu Maxwell Acosty ditempatkan di lini-depan. Mario Gavranovic menjadi ujung tombak salah satu pemain andalan Rijeka. Ia sudah mencetak tujuh gol di Divisi I Liga Kroasia dan mencetak dua gol di Liga Europa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement