Ahad 07 Jan 2018 22:53 WIB

Sriwijaya FC Pinjamkan Pemain ke PSIS dan Semen Padang

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Sriwijaya FC Manda Cingi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Muhammad Hargianto (kanan) pada pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Madya Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (7/10). Sriwijaya FC menang dengan skor 1-0 atas tamunya Persija Jakarta.
Foto: ANTARA/Nova Wahyudi
Pesepak bola Sriwijaya FC Manda Cingi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persija Jakarta Muhammad Hargianto (kanan) pada pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Madya Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (7/10). Sriwijaya FC menang dengan skor 1-0 atas tamunya Persija Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Menghadapi kompetisi Liga 1 2018, Sriwijaya FC telah melepas sejumlah pemain. Ada 14 pemain telah dilepas sejak usai kompetisi Liga 1 2017 sampai pekan pertama Januari 2018.

Dari 14 pemain yang dilepas, dua diantaranya dipinjamkan ke klub Liga 1 dan Liga 2. Salah satu pemain yang akan dipinjamkan adalah pemain muda Manda Cingi. Pemain asal Bandar Lampung tersebut akan dipinjamkan ke Semen Padang FC yang akan berlaga di Liga 2.

Sekretaris tim Sriwijaya FC Achmad Haris mengatakan, manajemen Semen Padang sudah mengirimkan surat peminjaman Manda Cingi ke manajemen Sriwijaya FC.

PT Kabau Sirah SP selaku pengelola Semen Padang FC secara resmi mengirimkan surat peminjaman Manda Cingi. "Dalam surat yang ditandatangani Direktur Utama PT Kabau Sirah SP Iskandar Z Lubis menyebutkan, Semen Padang akan meminjam Manda Cingi selama satu musim kompetisi Liga 2 Indonesia," kata Achmad Haris, Ahad (7/1).

Menurut Achmad Haris, peminjaman pemain selain dibahas di tingkat manajemen juga dikomunikasikan dengan pelatih. Setiap keputusan peminjaman pemain harus mendapat persetujuan dari pelatih Rahmad Darmawan. "Saat ini Manda Cingi masih terikat kontrak satu musim ke depan," ujarnya.

Sementara itu Manda Cingi mengaku belum tahu kapan akan berangkat ke ranah Minang untuk bergabung dengan tim berjuluk Kabau Sirah tersebut. Manda mengaku masih menunggu konfirmasi akhir dari manajemen Semen Padang.

"Sebelum berangkat, saya juga harus konsultasi dengan manajemen, tim pelatih dan juga keluarga. Dengan manajemen Semen Padang sudah ada komunikasi mengenai teknis kontrak dan lain-lain sehingga saat berangkat ke Padang semuanya telah clear," kata pemain yang pernah memperkuat tim PON Sumsel berlaga di PON XIX-2016.

Menurut Achmad Haris, selain Manda Cingi manajemen Sriwijaya juga sudah meminjamkan pemain muda lainnya Hafit Ibrahim ke PSIS Semarang. Pada musim kompetisi Liga 1 2018, Hafit Ibrahim akan memperkuat klub yang baru saja promosi ke Liga 1 itu.

Selain dua pemain muda Manda Cingi dan Hafit Ibrahim yang akan meninggalkan Sriwijaya, sebelumnya Sriwijaya juga sudah ditinggal pemain mudanya Slamet Budiono. Pemain asal Sumatra Selatan (Sumsel) tersebut memilih hengkang bergabung dengan klub Liga 2 PSS Sleman.

Menurut pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan, peminjaman pemain adalah opsi yang dipersiapkan untuk meningkatkan kualitas pesepak bola. Pelatih yang akrab disapa RD tersebut menjelaskan, saat dirinya menangani Arema FC, Alfarizi pemain Arema FC pindah ke Persija Jakarta. "Hasilnya, setelah separuh musim dipinjamkan kemampuan Alfarizi meningkat dan sekarang menjelma menjadi salah satu bek kiri papan atas di Indonesia," ujar RD. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement