Rabu 17 Jan 2018 06:16 WIB

Ronaldinho Umumkan Gantung Sepatu

Ronaldinho
Foto: EPA/RODRIGO SURA
Ronaldinho

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO-- Mantan penyerang Brasil Ronaldinho menyatakan pensiun dari lapangan hijau, demikian diumumkan saudara sekaligus agennya Assis pada Selasa (16/17). Ronaldinho, yang memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, Copa Libertadores, dan Pemain Terbaik Dunia, 

Ronaldinho belum memainkan pertandingan kompetitif sejak 2015. Akan tetapi ia tak pernah mengumumkan gantung sepatu sampai sekarang. Ronaldinho menjalankan perannya sebagai duta Barcelona.

"Dia sudah berhenti, sudah berakhir," kata Assis kepada surat kabar Rio de Janeiro O Globo. "Kami akan melakukan sesuatu yang cukup besar, sesuatu yang keren, setelah Piala Dunia di Rusia, mungkin pada bulan Agustus."

Yang dimaksud Assis kemungkinan besar pertandingan perpisahan. Ini akan berlangsung di Brasil, Eropa, dan Asia, juga bisa termasuk pertandingan dengan tim nasional, kata Assis.

Ronaldinho, yang akan berusia 38 pada Maret, memulai kariernya di Gremio. Ia kemudian bermain untuk tujuh klub lainnya, termasuk Paris Saint-Germain, AC Milan, Queretaro, Flamengo, Atletico Mineiro, dan Fluminense.

Puncak karier Ronaldinhho terjadi di Barcelona antara 2003 dan 2008, di mana dia menghabiskan tahun-tahun kejayaannya. Aksinya yang mungkin paling dikenang dalam kemenangan 3-0 atas Real Madrid di Bernabeu pada tahun 2005.

Dia membantu membimbing tim Katalan juara Liga Champions pada 2006, La Liga pada 2005 dan 2006 dan memenangkan Ballon D'Or pada 2005.

Ronaldinho berangkat ke Milan pada tahun 2008 dan memenangkan scudetto di sana pada tahun 2011. Setelah itu ia kembali ke Brasil dan membawa Atletico Mineiro juara Copa Libertadores pertama mereka pada 2013.

Sejak itu, tak ada trofi lagi yang diraihnya. Meskipun ia tetap menampilkan performa menawan dan menghibur di lapangan.

Lihat aksi-aksi magis Ronaldinho: (sumber: Youtube)

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement