Selasa 27 Mar 2018 09:14 WIB

Rossi Bicara Kontrak dan Hidupnya di MotoGP

The Doctor ingin menghabiskan sisa hidupnya untuk hal yang benar-benar dia cintai.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah
Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha menempati posisi ketiga  pada MotoGP Qatar di Losail International Circuit, Doha.
Foto:
Valentino Rossi

Kemajuan, kemampuan bersaing, jatuh bangun, itu semua haruskah masih Anda rasakan di usia sekarang?

Sejauh kekuatan dan tekad saya masih ada, saya ini sama saja dengan pembalap lain yang lebih muda. MotoGP menutut Anda lebih dan lebih dari hari ke hari. Levelnya terus meningkat dari dulu. Tahun ini, kejuaraan dunia mungkin lebih seimbang dari sebelumnya. Setidaknya 10 pembalap bisa menang di atas kertas, mulai dari Marquez, Dovizioso, Vinales, Zarco, Pedrosa, Iannone, Lorenzo, kemudian Crutchlow dan Petrucci.

Anda terobsesi memenangkan gelar juara dunia kesepuluh. Masalahnya, jika Anda terlanjur menang pada 2018, apa yang Anda lakukan dua tahun setelah itu karena sudah terikat kontrak?

Pertanyaan bagus. Anggap saja saya sudah memenangkan gelar kesepuluh. Setelah itu apa? Tidak ada yang berubah. Saya mungkin akan mencoba memenangkan gelar ke-11. Saya akan meneruskan dan mencoba lagi.

Sembilan tahun berlalu setelah kemenangan terakhir Anda di MotoGP. Mengapa Anda tidak berhenti setelah menjadi juara dunia 2009?

Sangat sulit berhenti ketika Anda sedang berada di puncak. Saya punya beberapa teman, mulai dari Schumacher, Troy Bayliss, Max Biaggi yang memutuskan berhenti di tahun-tahun terbaik mereka. Saya tahu betul bagaimana rasanya. Ada sesuatu hilang dalam diri saya. Itu sebabnya saya ingin kembali melakukannya. Saya lebih suka memberikan segalanya untuk dunia ini.

Dengar-dengar Anda berpotensi menjadi penerus Bos Dorna, Carmelo Ezpelata?

Haruskah saya ulangi apa yang paling menarik bagi saya saat ini? Masih ada waktu untuk istirahat menjelang balapan berikutnya. Saya senang bisa membimbing anak-anak didik saya di VR46 Academy dan berkompetisi dengan mereka di Tavullia Ranch. Itu juga rahasianya saya tetap awet muda.

Sudahkah Anda menandatangani opsi perpanjangan 2021?

Tentu saja belum (Rossi tertawa). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement