Selasa 27 Mar 2018 20:08 WIB

Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Gymnastik Asia

23 negara sudah dipastikan berpartisipasi di ajang ini

Atlet sedang bertanding dalam nomor aerobik gymnastic
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Atlet sedang bertanding dalam nomor aerobik gymnastic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejuaraan senam artisik bertajuk Junior Artistic Gymnastics Asian Championship (JAGAC) ke-15 akan digelar di Jakarta, 25-28 April 2018 di Istora Senayan, Jakarta. 23 negara sudah dipastikan akan mengikuti ajang yang masuk dalam kalender AGU (Asian Gymnastics Union) atau Federasi Senam Asia, sebagai kejuaraan pra-kualifikasi Youth Olympic di Argentina pada Oktober 2018.

Ada 23 negara yang mengikuti ajang ini. Yakni Bangladesh, Cina, Indonesia, India, Iran, Iraq, Jepang, Kazakhstan, Korea Selatan, Arab Saudi, Malaysia, Mongolia, Filipina, Korea Utara, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Thailand, Turkmenistan, Taiwan, Uzbekistan, dan Vietnam.

"Kami bangga bisa terpilih menjadi tuan rumah dari 15th Junior Artistic Gymnastics Asian Championship. Kejuaraan ini merupakan single event Gymnastics Internasional pertama di Indonesia, ujar Ilya Avianti, Ketua Umum Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani), dalam siaran pers, Selasa (27/3).

Ilya menambahkan, cabang olahraga Gymnastics di Indonesia belum banyak dikenal di masyarakat. Kegiatan ini menjadi sarana promosi dan edukasi sehingga Gymnastics lebih dikenal secara luas sehingga pada saat Asian Games peminatnya akan meningkat.

Kejuaraan Junior Artistic Gymnastics Asian Championship ini akan juga menjadi test event untuk menilai dan mengevaluasi kesiapan panitia sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Competition Manager Junior Artistic Gymnastics Asian Championship Ita Yuliati menambahkan pihaknya sangat antusias karena turnamen internasional junior digelar di Indonesia sehingga para pesenam Indonesia bisa melihat secara langsung kompetensi para pesaing dari negara lainnya di tingkat Asia.

"Khususnya bagi pesenam junior Indonesia, ajang ini sekaligus digunakan untuk mendapatkan pengalaman tanding di turnamen internasional," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement