Rabu 30 May 2018 21:01 WIB

Neuer dan Marc Stegen Bersaing di Bawah Mistar Gawang Jerman

Pengalaman memang menjadi nilai tambah Neuer atas Ter Stegen.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Manuel Neuer
Foto: REUTERS/Michael Dalder
Manuel Neuer

REPUBLIKA.CO.ID, TYROL -- Dalam daftar 27 nama skuat sementara timnas Jerman, pertengahan bulan lalu, terselip nama Manuel Neuer. Padahal, kiper Bayern Muenchen itu sudah tidak merumput lagi sejak September 2017 karena mengalami cedera parah.

Agaknya, pelatih Jerman Joachim Loew masih berharap dan percaya, kiper berusia 32 tahun itu bisa pulih tepat waktu dan tampil di Piala Dunia 2018. Hingga pengujung musim 2017/2018, Neuer akhirnya mampu pulih dari cedera kaki tersebut.

Meski belum sepenuhnya pulih, eks kiper Schalke 04 itu telah bergabung bersama timnas Jerman guna melakoni pemusatan latihan untuk Piala Dunia 2018. Neuer pun mengakau sudah fit dan siap merumput di Piala Dunia 2018.

''Saya telah bekerja dengan baik dalam beberapa pekan terakhir. Saya merasa cukup fit dan tidak ada alasan untuk saya untuk tidak tampil di Piala Dunia,'' kata Neuer seperti dikutip Xinhua, akhir pekan lalu.

Kondisi Neuer ini pun membuat persaingan sebagai kiper utama timnas Jerman kian memanas. Maklum, selain Neuer, Loew juga memanggil tiga kiper yang memperkuat tiga klub top Eropa, yaitu Marc Andre Ter Stegen (Barcelona), Kevin Trapp (Paris Saint Germain), dan Bernd Leno (Bayer Leverkusen).

Namun, dari empat nama ini, persaingan seolah mengerucut pada dua nama, Neuer dan Marc Stegen. Berbeda dari Neuer yang jarang merumput pada musim ini, Marc Stegen justru tampil menjadi andalan Barcelona. Tampil di 33 laga La Liga Spanyol, Ter Stegen sukses menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam 18 laga. Kiper berusia 26 tahun itu pun berhasil mempersembahkan titel La Liga dan trofi Copa Del Rey untuk La Blaugrana pada akhir musim ini.

Penampilan apik Ter Stegen ini pun diakui oleh pelatih kiper timnas Jerman, Andreas Kopke. Penampilannya Ter Stegen dengan Barcelona, kata Kopke, cukup luar biasa pada musim ini. Staf kepelatihan juga terus berdiskusi tentang kemungkinan menempatkan Ter Stegen di posisi utama. "Namun, Anda tidak bisa begitu saja mengabaikan apa yang telah dilakukan Neuer, sebagai kapten tim, baik di dalam ataupun di luar lapangan,'' ujar Kopke seperti dikutip Four Four Two.

Pengalaman memang menjadi nilai tambah Neuer atas Ter Stegen. Neuer dipilih menjadi kapten timnas Jerman sejak September 2016, menggantikan Bastian Schweinsteiger. Tidak hanya itu, Neuer sudah menjadi langganan di bawah mistar gawang sejak gelaran Piala Dunia 2010. Puncaknya, Neuer mampu mempersembahkan trofi Piala Dunia 2014.

Namun, Neuer masih harus membuktikan kebugarannya dan benar-benar pulih dari cedera. Sebuah laga uji coba, kontra Austria, akhir pekan ini, menjadi kesempatan untuk Neuer untuk bisa meyakinkan Loew dan ditunjuk menjadi pilihan utama di bawah mistar Der Panzer. ''Sudah pasti, Manuel Neuer akan bermain pada laga Sabtu nanti (uji coba kontra Austria). Dia membutuhkan laga ini,'' kata Kopke.

Loew setidaknya masih memiliki waktu hingga akhir pekan ini, tepatnya 4 Juni, untuk memutuskan skuat final timnas Jerman yang berangkat ke Piala Dunia 2018. Demikian pun di pos penjaga gawang utama Der Panzer, apakah bakal mengandalkan pengalaman Neuer  atau bertumpu pada stabilnya penampilan Ter Stegen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement