Sabtu 30 Jun 2018 22:10 WIB

Timnas Basket Berjaya di Prakualifikasi Piala Asia FIBA

Indonesia mengalahkan seluruh lawan-lawannya di putaran pertama prakualifikasi ini

Timnas basket putra Indonesia yang berlaga di pra-kualifikasi FIBA Asia 2021 di Thailand.
Foto: IBL Indonesia/Hari Purwanto
Timnas basket putra Indonesia yang berlaga di pra-kualifikasi FIBA Asia 2021 di Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional bola basket putra Indonesia tidak terkalahkan di putaran pertama prakualifikasi Piala Asia FIBA 2021 subzona Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara. Di laga terakhir di Stadion 29, Bangkok, Thailand, Sabtu, Indonesia mengalahkan Singapura 85-70.

Hasil tersebut membuat Indonesia yang sudah memastikan lolos ke putaran kedua prakualifikasi subzona SEABA usai mengandaskan Thailand pada Jumat (29/6), berhasil memenangkan seluruh pertandingan di turnamen tersebut.

Sebelumnya, anak-anak asuh pelatih Fictor Roring menaklukkan Malaysia (dengan skor 66-64), Brunei Darussalam (116-54), Kamboja (137-36), dan tuan rumah Thailand (75-74).

Dipantau dari laman FIBA, Sabtu (30/6), Indonesia sempat tertinggal 2-4 saat empat menit kuarter pertama dimulai. Namun, tembakan tiga angka Jamarr Andre Johnson membuat Indonesia berbalik unggul 5-4 dan tak terkejar hingga akhir kuarter untuk unggul 18-15.

Lima menit kuarter kedua, Indonesia unggul 30-16 setelah lemparan dua angka Kevin Yonas tak terbendung. Tim Merah Putih kemudian menutup babak pertama dengan memimpin 41-31.

Singapura memperkecil selisih skor menjadi 48-50 di kuarter ketiga dari tembakan bebas Wei Long Wong. Akan tetapi, Indonesia tetap yang terdepan di kuarter tiga yang selesai dengan skor 64-53.

Singapura terus berusaha memberikan perlawanan di kuarter keempat, tetapi Indonesia bisa menjaga keunggulan dan akhirnya memenangkan laga dengan skor 85-70.

Power forward naturalisasi Indonesia Jamarr Andre Johnson menyumbangkan poin tertinggi untuk Indonesia di laga tersebut dengan membuat 22 poin, enam rebound dan lima assist.

Sementara di kubu Singapura, Leon Kwek membuat torehan tertinggi dengan 25 poin, tiga rebound dan dua assist.

Sebagai informasi, putaran pertama pra-kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 di Thailand menjadi bagian dari persiapan timnas bola basket putra menuju Asian Games 2018. Pada putaran pertama ini, turnamen prakualifikasi diikuti enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam dan Kamboja.

Indonesia bersama tiga tim terbaik dari kompetisi tersebut berhak melaju ke putaran kedua pra-kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 subzona SEABA, di mana Filipina sudah menunggu. Putaran kedua ini akan digelar pada September 2018 dan pemenangnya berhak melaju ke babak kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement