Ahad 22 Oct 2023 22:32 WIB

Satu Pemain Timnas Basket Indonesia Resmi Direkrut Klub NBA untuk Musim 2023/2024

Aksinya selama memperkuat timnas Indonesia menuai perhatian NBA.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo NBA. Seorang pemain timnas Indonesia akan bermain di NBA musim ini.
Foto: NBA
Logo NBA. Seorang pemain timnas Indonesia akan bermain di NBA musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar baik dari Marques Bolden. Pemain naturalisasi timnas Indonesia berdarah Amerika itu akhirnya akan bermain di NBA musim 2023/2024. 

Kepastian ini didapat setelah pemain berusia 25 tahun pada 17 April lalu itu menandatangani two-way contract dengan Milwaukee Bucks. Dengan kontrak ini, Bolden yang memiliki sapaan karib Joyo ini bisa main di NBA juga di G League dalam satu waktu yang sama.

Baca Juga

Bolden sudah dimainkan tim yang membesarkan nama Giannis Antetokounmpo ini saat ajang pra-musim NBA yang berakhir kemarin. 

Pada 9 Oktober 2023 Bolden bermain 16 menit saat Bucks mengalahkan Chicago Bulls 105-102, dimana Bolden mencetak tiga poin dan empat rebound selama 16 menit bermain.

Saat menghadapi Memphis Grizzlies Bolden bermain 13 menit mencetak dua poin dan empat rebound. Dalam laga 11/10/2023 Bucks kalah 102-108. 

Manajer Timnas Indonesia Jeremy Imanuel Santoso mengomentari kontrak ini. “Hasil diskusi tim Bucks, sangat kagum dengan performa Marques membela tim Merah-Putih di Pre Olympic Qualifier. Penampilan apik saat itu membuka kesempatan yang berujung dengan two-way contract ini."

Saat Pra Kualifikasi Olimpiade Paris, Bolden tampil impresif. Pada laga pembuka saat mengalahkan Kazakhstan, dia membukukan 40 poin, 10 rebound, dan 2 asis.

Dengan sumbangan poin sebanyak itu, Indonesia mengalahkan Kazakhstan dengan kedudukan 91-82. 

Kemudian pada laga kedua melawan India, Bolden mencatatkan poin terbanyak 23 poin dan 9 rebound. Sayangnya, sumbangan poin itu belum bisa hindarkan Indonesia dari kekalahan karena skor akhir 74-90 untuk India.

Ketika melawan Arab Saudi, Bolden mencetak poin terbanyak dengan 21 angka, 9 rebound, dan 2 asis. Di pertandingan ini, Indonesia kalah 72-86.

Pada game keempat, Joyo menyumbang 9 angka, 7 rebound, dan 1 asis untuk Indonesia saat melawan Bahrain. Pada laga Ini, Indonesia menyerah 95-72.

Di laga terakhir melawan Suriah, Joyo kembali menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 24 angka, 11 rebound, dan 1 asis. Sumbangan poin ini mengantarkan Indonesia mengemas kemenangan Kedua dengan kedudukan 84-78. 

Total, dari tiga pertandingan ini Joyo mencetak 117 angka, 46 rebound, dan 6 asis.

“Pemain Indonesia kembali ke NBA. Siap membawa 275 juta masyarakat Indonesia menjadi pendukung Milwaukee bucks,” kata Jeremy.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement