Ahad 15 Jul 2018 00:22 WIB

Marquez Start Terdepan di GP Jerman

Catatan waktu pembalap Honda itu adalah satu menit 20,270 detik pada sesi kualifikasi

Marc Marquez
Foto: Hendrik Schmidt/dpa via AP
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Juara dunia MotoGP, Marc Marquez, mengamankan posisi start terdepan di Grand Prix Jerman untuk kesembilan kalinya secara beruntun pada Sabtu (14/7). Catatan waktu pembalap Honda itu adalah satu menit 20,270 detik pada sesi kualifikasi, yang merupakan rekor di Sirkuit Sachsenring.

Marquez menegaskan statusnya sebagai "Raja Sachsenring". Ia berpeluang besar untuk meraih kemenangan kesembilan secara beruntun di sirkuit di Timur Jerman yang dekat dengan Chemnitz pada Ahad (15/7).

Pembalap Spanyol ini mendapat persaingan ketat dari rider Pramac Ducati asal Italia Danilo Petrucci. Catatan waktunya hanya 0,025 detik lebih lambat. Petrucci juga mencatatkan waktu tercepat peringkat kedua pada sesi kualifikasi tahun lalu.

Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo, yang akan menjadi rekan setim Marquez pada musim depan, melengkapi baris terdepan dengan Ducatinya.

Andalan Yamaha, Maverick Vinales, lolos kualifikasi di urutan keempat, sedangkan dua pembalap Italia, Andrea Dovizioso dari Ducati dan Valentino Rossi dari Yamaha, bergabung dengannya di baris kedua.

Dominasi Marquez di Sachsenring dimulai pada 2010 ketika ia masih membalap di kelas 125cc (sekarang Moto3). Ia kemudian meraih pole position di Moto2 pada 2011 dan 2012, dan enam kali start terdepan di sirkuit ini di kelas MotoGP.

Juara MotoGP empat kali berusia 25 tahun ini memenangi seluruh balapan tersebut. Ia saat ini unggul 41 poin atas Rossi di klasemen pebalap setelah delapan putaran balapan.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement