Ahad 22 Jul 2018 19:20 WIB

Susunan Start F1 GP Jerman

Sebastian Vettel masih memimpin klasemen sementara F1.

[ilustrasi] Pembalap Ferrari Sebastian Vettel memimpin start dalam suatu balapan F1.
Foto: Luca Bruno/AP
[ilustrasi] Pembalap Ferrari Sebastian Vettel memimpin start dalam suatu balapan F1.

REPUBLIKA.CO.ID, HOCKENHEIM -- Pemuncak klasemen Formula 1, Sebastian Vettel membawa Ferrari untuk start dari posisi terdepan pada balapan di kandang sendiri Grand Prix Jerman, Ahad (22/7). Rival utama Vettel, Lewis Hamilton, pada babak kualifikasi malah keluar lintasan.

Pole position ini, yang diukir dengan memecahkan rekor catatan waktu trek yakni satu menit 11,212 detik, membuat para penonton bersuka cita pada hari yang basah di Hockenheim. "Rasanya begitu menyenangkan untuk melihat banyaknya bendera merah, bendera Jerman, begitu banyak dukungan di trek," kata Vettel, seusai babak kualifikasi, sabtu (21/7).

Rekan setim Hamilton yang berasal dari Finlandia, Valtteri Bottas, akan mendampingi Vettel start di baris terdepan. Sedangkan, setim Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen akan start dari posisi ketiga, satu baris dengan pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Hamilton, yang tertinggal delapan poin dari Vettel setelah sepuluh balapan, lolos kualifikasi di urutan ke-14, setelah sempat menepi karena masalah pada sistem hidroliknya. Pembalap Britania itu berusaha mendorong mobilnya kembali ke pit, dengan bantuan para marshal, sebelum kemudian jongkok di sebelah mobilnya.

"Saya benar-benar tidak paham apa yang terjadi maka di benak saya, saya berpikir untuk membawa kembali mobil ke trek, namun mereka meminta saya untuk menepikannya," kata Hamilton, yang impiannya untuk meraih kemenangan keempat di Grand Prix Jerman semakin menipis.

"Saya melihat ada kebocoran oli dan saya tahu bahwa saya harus berhenti dan membiarkan mereka mengurus mobilnya. Saya hanya tidak ingin menyerah, saya ingin terus berusaha," kata Hamilton menambahkan.

Prinsipal tim Mercedes, Toto Wolff mengatakan, mobil Hamilton kemungkinan mengalami kerusakan saat melewati tepian trek (kerb). Bagaimanapun, Hamilton merasa bahwa masalah sudah terjadi sejak sebelumnya.

Pembalap asal Denmark, Kevin Magnussen memaksimalkan absennya Hamilton di fase terakhir dengan membawa mobil Haas yang disokong mesin Ferrari untuk menduduki posisi start kelima. Adapun, rekan setimnya yang berasal dari Prancis, Roman Grosjean di urutan keenam start.

Pasangan Renault, Nico Hulkenberg, satu-satunya pembalap Jerman selain Vettel, dan Carlos Sainz asal Spanyol berada di urutan ketujuh dan kedelapan. Pembalap rookie Sauber asal Monaco, Charles Leclerc tampil bagus untuk mengamankan posisi start kesembilan untuk tim Swiss itu, mengungguli pebalap Meksiko Sergio Perez yang menduduki urutan kesepuluh untuk Force India.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement