Kamis 13 Sep 2018 19:02 WIB

Perusahaan Singapura akan Kelola Boling Center Jakabaring

Keinginan ABS Bowling mengelola arena boling Jakabaring sudah ada sejak awal 2018.

Rep: Maspril Aries/ Red: Endro Yuwanto
Presiden Joko Widodo bersiap melempar bola saat mencoba lintasan arena Jakabaring Boling Center untuk Asian Games ke-18 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumateran Selatan, Sabtu (14/7).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Presiden Joko Widodo bersiap melempar bola saat mencoba lintasan arena Jakabaring Boling Center untuk Asian Games ke-18 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumateran Selatan, Sabtu (14/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pasca-Asian Games XVIII 2018, arena boling center di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang akan dikelola sebuah perusahan asal Singapura. Perusahaan tersebut, ABS Bowling Pte Ltd, telah menjalin kerja sama dengan PT JSC untuk mengelola arena boling terbaik di Asia.

“PT JS sudah menandatangani kerja sama pengelolaan arena boling Jakabaring dengan ABS Bowling Pte Ltd. ABS merupakan perusahaan profesional yang sudah bekerja sama dan mengelola beberapa arena boling di Asia,” kata Direktur Utama PT JSC Bambang Supriyanto, Kamis (13/9).

ABS Bowling, menurut Bambang, akan mengelola arena boling Jakabaring secara profesional. PT JSC dan ABS menjalin kontrak kerja sama selama 10 tahun dengan sistem bagi hasil. "Pada lima tahun pertama ada evaluasi, apabila tidak memuaskan dapat direvisi. Kerja sama ini menguntungkan mengingat PT JSC tidak memiliki pengalaman dalam mengelola boling center berteknologi canggih,” ujarnya.

Arena atau venue boling yang memiliki 40 line, kata Bambang, menggunakan teknologi yang butuh perawatan yang baik dan benar. “ABS telah berpengalaman mengelola arena boling di Singapura, Malaysia, dan negara lainnya. Di Indonesia ABS hanya mengelola arena boling Jakabaring,” jelas dia.

Dengan adanya kerja sama PT JSC dan ABS, Bambang mengharapkan akan ada proses alih teknologi dan proses belajar terhadap karyawan PT JSC. Penyerahan pengelolaan arena boling dari PT JSC kepada ABS Bowling Pte Ltd akan terlaksana pada 17–18 September 2018. “ABS sekarang tengah mempersiapkan perangkat dan perlengkapan untuk mereka mulai beroperasi,” ujarnya.

Bambang menjelaskan, selain sebagai pengelola, ABS juga mempersiapkan program pemanfaatan arena boling dengan menyelenggarakan turnamen atau kompetisi dan pendirian sekolah boling. “Yang sangat menjanjikan ABS akan membawa kejuaraan dunia boling 2019 di Jakabaring.”

Walau telah dikelola perusahaan asing dan profesional, menurut Direktur Utama PT JSC ini telah mengingatkan ABS untuk memberikan tarif yang bersahabat dan bervariasi. “Kami minta untuk atlet profesional, pelajar dan mahasiswa, anggota TNI dan Polri, dan lain-lain akan ada tarif berbeda,” katanya.

Keinginan ABS Bowling Pte Ltd mengelola arena boling Jakabaring sudah ada sejak awal 2018 sebelum pembangunan venue boling oleh Sinar Mas Grup tersebut. Pada pertengahan April 2018, Direktur ABS Bowling Pte Ltd James Murray telah bertemu Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin.

Kepada Gubernur Alex Noerdin, James Murray menjelaskan, ABS akan mengelola arena boling Jakabaring menjadi pusat hiburan olahraga keluarga di Sumatra Selatan dengan lingkungan yang aman dan nyaman bagi keluarga untuk berkumpul bersama menikmati waktu luang. “Boling adalah olah raga yang bisa dinikmati berbagai usia, semua gender, yang dapat mendorong dan menanamkan semangat yang kompetitif,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement