Selasa 02 Oct 2018 14:22 WIB

Komdis PSSI Hukum Berat Persib

Persib dilarang melakoni laga kandang di Jawa.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Kediaman Haringga Sirila, korban pengeroyokan oknum suporter Persib Bandung, di Cengkareng, Jakarta Barat.
Foto:
Selebrasi Striker Persib Bandung Ezechiel Ndouasel usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Ahad (23/9).

Terlepas dari kematian Haringga, empat pemain Persib mendapatkan sanksi akibat melakukan aksi yang melanggar kode disiplin Liga 1 2018. Empat pemain tersebut, yakni striker Ezechiel N'Douassel, Ardi Idrus, Jonatan Bauman, dan Bojan Malisic.

Komdis menghukum Ezechiel dengan larangan bermain lima pertandingan. Ardi Idrus yang terlibat dalam keributan antarpemain saat laga mendapatkan teguran keras. Bauman menerima larangan dua laga, sementara Bojan Malisic yang menendang pemain Persija saat laga mendapatkan larangan bermain empat laga.

Asisten pelatih Persib Fernando Soler dihukum larangan memasuki stadion sampai akhir musim 2018. Komdis menghukum ofisial asal Argentina tersebut lantaran terbukti mengintimidasi wasit berupa ancaman saat pertandingan kontra Persija.

Wakil Ketua Komdis PSSI Umar Husin menambahkan, seluruh hukuman terhadap Persib tersebut umumnya teguran bagi semua klub Liga 1 agar tak melakukan insiden serupa. “Kali ini kita menghukum Persib. Tapi, kita juga ingatkan kepada klub-klub lainnya agar insiden serupa tidak kembali terjadi,” kata Umar saat dihubungi, Selasa (1/10).

Ia menerangkan, hukuman terhadap Maung Bandung kali ini pun terbilang berat. Meskipun, kata Umar, ada sanksi yang lebih berat berupa diskualifikasi.

“Kalau kita melihat kode disiplin, ada yang lebih berat. Kalau kita cermati keputusan Komdis itu, ada kalimat yang mengatakan kalau Persib masih melakukan yang sama, maka akan didiskualifikasi dan tidak boleh berkompetisi di Indonesia,” ujar dia. 

Selain hukuman terhadap Persib, terkait insiden di GBLA, Komdis juga memberikan sanksi terhadap sejumlah pemain Persija. Namun, kata dia, sanksi terhadap pemain Macan Kemayoran itu sama seperti hukuman pemain Persib. 

Riko Simanjutak yang mendapat sanksi teguran keras lantaran terlibat keributan saat pertandingan. Sementara, Ismed Sofyan dan Sandi Darma Suthe diganjar hukuman larangan membela Macan Kemayoran selama tiga pertandingan lantaran menendang kaki pemain. Renan da Silva dihukum larangan memperkuat Persija selama dua pertandingan akibat aksinya menyikut pemain Persib.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement