Sabtu 20 Oct 2018 17:02 WIB

Kesempatan Dovi Menunda Pesta Juara Marquez

Dovi menyadari Marc juga tetap memiliki kecepatan yang bagus untuk sesi balapan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Andrea Dovizioso (kanan) dan Marq Marquez (kiri)
Foto: Youtube
Andrea Dovizioso (kanan) dan Marq Marquez (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, MOTEGI -- Pembalap Ducati Andrea Dovizioso memiliki kesempatan besar untuk menghalangi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, memastikan gelar Juara Dunia MotoGP musim ini. Penbalap asal Italia itu berhak menempati posisi terdepan di sesi balapan, Ahad (21/10) besok, usai memastikan menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi GP Jepang, Sabtu (20/10) siang WIB.

Dovizioso mencatatkan waktu tercepat dengan torehan 1 menit 44,590 detik dalam satu putaran di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, yang memiliki jarak total 4,8 kilometer tersebut. Juara GP Jepang pada musim 2017 itu berhasil mengungguli catatan waktu pembalap Yamaha Tech3, Johan Zarco, yang berada di posisi kedua dengan selisih waktu 0,068 detik.

Tempat terakhir di grid terdepan diraih oleh pembalap asal Australia, Jack Miller. Pembalap yang memperkuat tim satelit Ducati, Pramac Ducati, itu sukses mencatatkan waktu 1 menit 44,727 detik untuk mendapatkan posisi ketiga. Ini menjadi kejutan terbaru yang diberikan pembalap berusia 23 tahun itu usai mampu meraih pole position di GP Argentina pada April lalu.

Sedangkan buat Dovizioso, ini merupakan pole position keduanya di sepanjang musim ini. Sebelumnya, pembalap berusia 32 tahun itu berhasil menempati posisi terdepan di GP Ceska, di Sirkuit Brno, sekaligus mengakhiri balapan sebagai yang tercepat. Dalam tiga kali kesempatan latihan bebas, Dovizisoso sebenarnya sempat mengalami kesulitan.

Namun, Dovi akhirnya mampu bangkit pada sesi latihan bebas ketiga. Ia sukses mencatatkan waktu 1 menit 45 detik dan mengungguli catatan waktu Carl Crutchlow dan Johan Zarco.

Catatan waktu Dovi itu kian membaik pada saat sesi kualifikasi kedua dan akhirnya berhak mendapatkan pole position sesi balapan pada seri ke-16 MotoGP pada musim ini. ''Kinerja motor ini sudah cukup baik di trek ini dan trek ini juga cocok dengan gaya balapan saya. Namun, kami tahu tantangan apa yang menunggu kami di sirkuit ini. Akhirnya kami mampu meningkatkan kecepatan dan bisa tampil bagus di sesi kualifikasi. Saya cukup puas dengan performa kami,'' ujar Dovizioso usai sesi kualifikasi seperti dikutip Crash.

Keberhasilan meraih pole position ini pun membuat Dovi setidaknya bisa memberikan kesulitan pada pemegang klasemen sementara pembalap, Marc Marquez, untuk memastikan gelar juara dunia.

Hingga MotoGP menyelesaikan 15 seri, Marquez memang masih dominan di papan klasemen dengan mengantongi 271 poin, unggul selisih 77 poin dari Dovizioso, yang duduk di peringkat kedua dengan torehan 194 poin. Sedangkan di peringkat ketiga klasemen sementara, pembalap Yamaha Movistar, Valentino Rossi, masih mengintip dengan raihan 172 poin, berselisih 99 poin dari Marquez.

Dengan kondisi papan klasemen seperti ini, maka Marquez bisa memastikan gelar juara apabila mengakhiri sesi balapan di depan Dovizioso dan Rossi. Kendati begitu, penampilan pembalap asal Spanyol itu di sesi balapan bebas dan sesi kualifikasi GP Jepang belum terlalu menyakinkan. Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Marquez sempat terjatuh di sesi latihan bebas.

Juara bertahan MotoGP ini pun harus puas mengakhiri sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 44,889 detik dan menempati peringkat keenam di posisi balapan. Namun, Dovizioso tidak mau gegabah dan menganggap remeh performa Marquez pada sesi balapan.

Dovi cukup puas dengan performa timnya di sepanjang hari ini. Namun, ia menyadari Marc juga tetap memiliki kecepatan yang bagus untuk sesi balapan. "Jadi saya kira, sesi balapan akan menjadi pertarungan yang sengit dengan Marc. Selain itu, pembalap-pembalap lain juga memiliki kecepatan yang bagus,'' kata pembalap yang merupakan runner-up pada gelaran MotoGP musim lalu tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement