Ahad 28 Oct 2018 19:20 WIB

Cetak 7 Gol ke Gawang Thailand, Qatar ke Semifinal Piala AFC

Qatar jadi tim pertama yang memastikan langkah ke semifinal Piala AFC U-19

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Pemain Bertahan Qatar  Ahmed Albakheet  memprotes wasit  Sivakorn Pu-Udom saat melawan Indonesia dalam pertandingan grup a Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (21/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Pemain Bertahan Qatar Ahmed Albakheet memprotes wasit Sivakorn Pu-Udom saat melawan Indonesia dalam pertandingan grup a Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (21/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Qatar U-19 menjadi tim pertama yang memastikan melaju ke babak semifinal Piala AFC U-19 2018 setelah menumbangkan Thailand di babak pertempat final. Laga antara kedua kesebelasan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, pada Ahad (28/10) berakhir dengan gol banyak 7-3.

Kemenangan dari Thailand tersebut, memastikan Qatar menuju Piala Dunia U-20 2019 yang akan digelar di Polandia.

Qatar memang sudah unggul sejak awal. Gol cepat dari pemain belakang Hashim Ali pada menit ke-13, membuat Thailand tertinggal di awal. Skor 1-0 pun tak bertahan lama. Pada menit ke-21, gelandang Nasser Alyazidi menggandakan keunggulan Qatar menjadi 2-0. Skor tersebut bertahan sampai babak pertama pungkas.

Di babak kedua, Thailand mencoba membalas. Gol dari striker Korawich Tasa pada menit ke-48, berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1. Skuat muda Gajah Perang bahkan sempat membuat skor imbang menjadi 2-2 lewat gol Sakunchai Saengthopho pada menit ke-61.

Thailand bahkan sempat membalikkan keunggulan pada menit ke-80. Gol dari gelandang pengganti, Thirapak Prueangna membuat skor menjadi 2-3.

Sayang, gawang Thailand yang dikawal Nopphon Lakhonphon kembali jebol menjelang pertandingan bubar. Persisnya pada menit ke-87, lewat gol Ahmed Suhail. Skor pun menjadi imbang 3-3.

Sampai menit ke-90, skor imbang tetap. Tambahan waktu dari wasit agar papan skor kembali berubah, tak terjadi. Wasit pun memberikan babak tambahan memastikan salah satunya kalah.

Pada babak tambahan pertama, Thailand kerja keras mengembalikan keunggulan. Namun sayang, permainan Qatar malah menghabisi skuat asuhan pelatih Ithsara Sritharo tersebut.

Pada menit ke-99, striker Abdulrasheed Umara menjebol gawang Thailand dan membuat skor menjadi 4-3. Keunggulan tersebut semakin lebar setelah bek pengganti, Khaled Walid Mansour mencatatkan namanya di papan angka pad amenit ke-106 dan membuat skor menjadi 5-3.

Skor 5-3 menutup babak tambahan pertama. Di babak tambahan kedua, Thailand benar-benar dibikin tak berkutik. Tambahan dua gol semakin membuat Qatar produktif di laga kali ini.

Pada menit ke-117, Umaru kembali mencatatkan namanya di papan angka dan membuat skor semakin renggang 6-3. Dua gol Umaru ke gawang Thailand pada laga kali ini, menggenapkan catatan sembilan gol miliknya di Piala AFC berjalan.

Sebelum pluit tanda bubar, pada menit ke-120, Thailand menyerah setelah bek Youssef Ayman membuat gol dan memastikan kemenangan menjadi 7-3.

Dengan kemenangan tersebut, memastikan Qatar sebagai tim pertama yang lolos ke babak semifinal. Sekaligus memastikan tim pelatih Bruno Miguel Pinheiro tersebut lolos ke Piala Dunia U-20 pada 2019 mendatang di Polandia.

Selain laga perempat final antara Qatar Vs Thailand, di hari yang sama Indonesia U-19 dan Jepang U-19 akan bertanding di GBK Jakarta malam ini, untuk memperebutkan tiket semifinal Piala AFC dan mengisi slot Asia untuk Piala Dunia di Polandia tahun mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement