Kamis 07 Feb 2019 19:18 WIB

Menanti Kepiawaian Valentino Rossi di Usia 40 Tahun

Ia pembalap pertama di era MotoGP modern yang masih berkarier di usia 40 tahun.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto
Valentino Rossi saat tes pramusim di Sepang pekan lalu.
Foto: AP Photo/Sadiq Asyraf
Valentino Rossi saat tes pramusim di Sepang pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEPANG -- Valentino Rossi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-40 pada 16 Februari nanti. Peraih sembilan kali juara dunia itu sedang mempersiapkan diri untuk musim ke-24-nya di MotoGP.

Rossi sudah menandatangani kontrak dengan Yamaha hingga akhir musim 2020. ''Sayangnya, pekan depan saya akan menjadi 40 tahun dan ya, saya cukup tua. Tapi itu tantangan untuk saya dan berusaha kompetitif di usia ini,'' ujar Rossi dikutip dari Crash, Kamis (7/2).

Rossi merupakan pembalap pertama di era MotoGP modern yang masih berkarier di usia 40 tahun. Namun, ia memprediksi akan ada banyak pembalap lainnya di masa depan yang juga akan berada di lintasan MotoGP meski usinya sudah berkepala empat.

Tapi, pembalap asal Italia tersebut tak mempermasalahkan usia. Karena yang terpenting bagi dia adalah motivasi, khususnya untuk terus menjadi kuat. Apalagi ia masih punya kontrak dua tahun lagi dan tahun depan adalah yang terakhir. ''Akan sulit untuk terus berada di atas, tapi saya akan berusaha,'' ujarnya.

Menurut Rossi, ia harus bekerja keras di rumah sendiri dan berusaha untuk berlatih setiap hari dengan motornya serta meningkatkan kebugarannya. Namun ia tidak berpikir ada banyak hal yang berbeda baik di usia 40 tahun maupun 36 tahun. Namun akan ada banyak perubahan saat usianya masih 25 tahun dibandingkan dengan saat ini. ''Jadi Anda harus bekerja keras, tapi itu masih mungkin (untuk berada di atas),'' jelas dia.

Musim lalu, Rossi untuk pertama kalinya tidak pernah sekali pun merasakan menang. Namun tetap menjadi pembalap top karena berada di peringkat ketiga klasemen akhir.

Pembalap asal Italia ini juga berharap dapat balapan bersama adiknya Luca Marini, pemenang Moto2 musim lalu. Tapi adiknya masih harus berjuang keras musim ini agar bisa masuk MotoGP sebelum ia pensiun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement