Rabu 20 Mar 2019 03:03 WIB

Tampil dengan Wajah Baru, Joachim Loew Usung Kemenangan

Loew bertekad membangun era kesuksesan baru pada generasi pemain muda.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Joachim Loew
Foto: AP Photo/Peter Dejong
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Tak berbanding jauh dengan rivalnya Italia, timnas Jerman sedang menatap era baru dengan wajah-wajah anyar. Pelatih Jerman Joachim Loew sesumbar timnya mengamankan kemenangan pada Kualifikasi Euro 2020.

Jerman akan lebih dahulu menjalani laga persahabatan versus Serbia di Volskwagen Arena, Wolfsburg, Kamis (21/3) dini hari WIB. Berselang empat hari, Die Mannschaft langsung melakoni laga tandang kontra Belanda di ajang Kualifikasi Euro 2020.

Di tengah kekhawatiran bahwa sepak bola Jerman sedang menurun, juru taktik yang berusia 59 tahun itu sedang di bawah tekanan untuk menunjukkan bahwa ia dapat membangun era kesuksesan baru pada generasi pemain muda.

"Era baru akan dimulai pada Kualifikasi Euro 2020 dan pergantian penting dilakukan terkait hasil musim lalu," kata Loew dikutip Kickers, Selasa (19/3).

Berkaca dari turnamen Liga Bangsa-Bangsa, Jerman melakukan banyak perombakan pada komposisi pemain. Loew pun hanya membawa tiga pemain veteran Piala Dunia 2014 dan 12 pemain Piala Dunia 2018 lalu ke wajah baru Der Panzer.

Adapun beberapa wajah baru diisi oleh Lukas Klostermann (RB Leipzig), Maximilian Eggestein (Werder Bremen), dan bek Hertha Berli Niklas Stark. Meski datang dengan skuat baru, tetapi Loew yakin timnya bakal mengemas kemenangan di dua laga ke depan.

"Kami sudah memiliki pemikiran sejak Piala Dunia. Kami harus lebih cepat, lebih ambisius, dan lebih dinamis. Kami kehilangan semua itu di Piala Dunia kemarin dan permainan kami menjadi cukup dapat diprediksi," sambung Loew.

Lebih lanjut, Loew mengonfirmasikan apabila Manuel Neuer tetap menjadi penjaga gawang pilihan pertama. Walaupun terdapat seruan agar dirinya mencoba mempromosikan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen ke posisi nomor satu.

Namun Loew juga meminta pemain yang lebih muda seperti Niklas Suele, Leon Goretzka, dan Joshua Kimmich, untuk meningkatkan peran kepemimpinan. "Beberapa pemain perlu mengambil langkah berikutnya dan tanggung jawab. Kami mengharapkan lebih banyak darinya sekarang."

Sebelumnya, Jerman babak belur digebuk Belanda dan Prancis di turnamen Liga Bangsa-Bangsa Liga A Grup A. Manuel Neuer dan kolega mendapat dua kekalahan dan dua hasil imbang. Partai versus de Oranje nanti bisa jadi ajang balas dendam dan pembuktian kualitas pemain anyar Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement