Jumat 19 Apr 2019 00:37 WIB

Skotlandia Pecat Alex McLeish Sebagai Pelatih

Skotlandia menerima kekalahan besar 0-3 dari Kazakhstan.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Alex McLeish
Foto: EPA-EFE/Jose Mendez
Alex McLeish

REPUBLIKA.CO.ID, EDINBURG -- Tim nasional Skotlandia akhirnya memecat Alex McLesih sebagai pelatih utama. Keputusan itu dibuat berdasarkan pertemuan yang dilakukan oleh petinggi Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA), Kamis (18/4). Selain McLeis, asistennya Peter Grant, James McFadden, dan Stevie Wood juga akan hengkang dari Skotlandia.

Sejak McLesih mengambil tanggung jawab sebagai pelatih pada Februari 2018, Skotlandia mampu tampil baik di Liga Bangsa-Bangsa UEFA. Skotlandia mengamankan tempat di play-off Piala Eropa 2020. 

Akan tetapi, Skotlandia menerima kekalahan besar 0-3 dari Kazakhstan dalam laga pembuka kualifikasi Piala Eropa 2020, Maret lalu. Skotlandia kemudian hanya menang 2-0 lawan tim lemah San Marino. Ini mengundang keresahan dan kritik fan. Terlebih Skotlandia masih menyisakan laga melawan tim yang lebih tangguh, yakni Belgia dan kemudian Siprus. 

Para petinggi SFA ingin ada pembaharuan di tubuh timnas mereka dan segera melakukan rekruitmen pelatih baru. Dalam rapat dewan pengurus, diputuskan untuk menggantikan McLeish.

Kepala Eksekutif SFA Ian Maxwell mengucapkan terima kasih kepada McLeis dan semua stafnya, atas usaha membangun tim nasional selama 12 bulan terakhir. Skotlandia berada di peringkat atas Liga Bangsa-Bangsa, dan juga masuk play-off Piala Eropa.

"Keputusan ini tidaklah mudah, terutama mengingat status Alex sebagai anggota Hall of Fame Skotlandia, dengan 77 kali penampilan internasional, bermain dalam tiga Piala Dunia dan bertanggungjawab sebagai pelatih tim nasional dalam dua periode," ucap Ia, dikutip dari Sky Sports, Kamis (18/4). 

Ia mengatakan, keputusan ini diambil dengan pertimbangan penuh Dewan SFA dan percakapan antara dia dengan McLeish awal pekan ini. Menurut dia, pada akhirnya kinerja dan hasil dalam satu tahun terakhir, ditambah kekalahan dari Kazakhstan menunjukkan kemajuan timnas Skotlandia tak sesuai harapan.

"Dengan itu dalam pikiran, disepakati bahwa kami akan berusaha untuk merekrut tim manajemen baru untuk sisa kampanye Kualifikasi Eropa. Pada titik ini saya ingin memberikan penghormatan kepada Alex atas sikap baiknya karena dia menerima keputusan dan tetap memberikan dukungan penuh kepada tim selama sisa kualifikasi," ujar dia.

McLeish memenangkan lima dari 12 pertandingannya pada periode keduanya sebagai pelatih kepala Skotlandia. Ia mencatatkan persentase kemenangan hanya 41,7 persen. Sebelumnya, ia menjadi pelatih pada 2007 dan pergi setelah gagal membawa Skotlandia lolos ke Piala Eropa 2008.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement