Kamis 23 May 2019 11:38 WIB

Baru 2 Hari Pensiun, Asamoah Gyan Balik Lagi ke Timnas Ghana

Gyan masuk dalam skuat bayangan Ghana untuk Piala Afrika, bulan depan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Asamoah Gyan
Foto: Antara
Asamoah Gyan

REPUBLIKA.CO.ID, ACCRA -- Pesepak Ghana Asamoah Gyan, baru saja melakukan hal tidak biasa. Baru dua hari memutuskan gantung sepatu dari tim nasional, Asamoah menganulirnya dan siap kembali memperkuat Black Starts.

Gyan masuk dalam skuat bayangan Ghana untuk Piala Afrika, bulan depan. Eks penggawa Sunderland itu menjelaskan penyebab dari perubahan tersebut. 

Semula ia sudah memantapkan hati untuk pensiun. Namun dalam dua hari terakhir, ia berkomunikasi dengan Presiden Ghana, Nana Akufo-Addo.

Sang Presiden meminta Gyan mempertimbangkan kembali rencana pensiun tersebut. Pesepak bola 33 tahun itu tersentuh. "Permintaan dari Presiden tidak dapat diabaikan," ujarnya dikutip dari Macon.com, Kamis (23/5).

Selanjutnya nama Gyan masuk dalam skuat sementara Ghana untuk Piala Afrika 2019 di Mesir. Mereka terdiri dari 29 pemain.

Kali ini turnamen Piala Afrika diikuti oleh 24 tim. Pertandingan berlangsung dari 21 Juni hingga 19 Juli 2019.

Gyan telah membela Ghana di sejumlah event besar. Hingga kini, penyerang Kayserispor itu tampil dalam 106 laga di berbagai ajang dan mencetak 51 gol.

Nama terkenal Gyan saat gagal mengeksekusi penalti pada babak perpanjangan waktu perempat final Piala Dunia 2010 kontra Uruguay. Kegagalan Gyan mengakibatkan Ghana terhenti secara menyakitkan, padahal hanya melawan 10 pemain Uruguay. Ghana takluk 2-4 lewat adu penalti setelah selama 120 menit bermain imbang 1-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement