Rabu 26 Jun 2019 10:37 WIB

Bintan Tuan Rumah Triatlon Internasional 'Iron Man 70,3'

Kompetisi triatlon jarak jauh ini akan mengundang 2.000 peserta dari 55 negara.

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Konferensi pers ajang triatlon Iron Man 70,3 mil Bintan, Jakarta, Selasa (25/6).
Foto: Republika/Muhammad Ikhwanuddin
Konferensi pers ajang triatlon Iron Man 70,3 mil Bintan, Jakarta, Selasa (25/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang triatlon internasional 'Iron Man 70,3' kembali digelar di Bintan, Kepulauan Riau, 25 Agustus mendatang. Kompetisi multiolahraga ini terbuka bagi siapapun dari seluruh penjuru dunia. 

 

Kompetisi triatlon jarak jauh ini akan mengundang 2.000 peserta dari 55 negara yang akan menempuh lomba dengan jarak total 70,1 mil atau 113 km Terdiri dari 1,9 km berenang, 90 km bersepeda, dan 21,1 km berlari. 

 

Tahun lalu di tempat yang sama kompetisi ini dianugerahi sebagai 'Best Destination Race' oleh Asia Tri. CEO Meta Sport selaku penyelenggara, Nathalie Marquet menyatakan, pemenang triatlon di Bintan berhak mengikuti kejuaraan dunia tingkat profesional di Selandia Baru, 2020 mendatang.

 

"Kami akan memberikan kesempatan kepada para triatlet amatir terbaik untuk mendapatkan slot di Kejuaraan Dunia IRONMAN 70,3 yang akan diadakan di Taupo, Selandia Baru di tahun 2020," kata Nathalie di Jakarta, Selasa (25/6).

Tahun ini, pihaknya meningkatkan slot peserta menjadi 60 dari sebelumnya hanya 30 orang. Sadar peserta yang diperkirakan semakin banyak, panitia akan membagi start dalam bertahap setiap enam detik.

 

Lokasi acara tetap berada di Plaza Lagoi yang merupakan pusat dari pengembangan pariwisata kota Bintan. Jalur sepeda juga telah direnovasi pada tahun 2018 sudah dipersiapkan untuk memanjakan mata peserta. Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event (CoE) Esthy Reko Astuti mengatakan, Bintan merupakan wilayah strategis karena dekat dengan Singapura.

 

Hal tersebut, lanjutnya, diharapkan menjadi magnet bagi peserta dari negara asing untuk mendaftar menjadi peserta atau sekadar singgah di Bintan. "Ini masuk salah satu top 10 national event. Target peserta 1300 sampai saat ini sudah 900 mendaftar, acara ini sekaligus mempromosikan Bintan sebagai destinasi wisata unggulan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement