Kamis 11 Jul 2019 15:41 WIB

Kalahkan Afsel, Pelatih Nigeria Senang Strateginya Berhasil

Nigeria melaju kebabak semifinal Piala Afrika usai mengalahkan Afrika Selatan

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
Timnas Nigeria
Foto: EPA
Timnas Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Dua negara kuat di Afrika mampu melaju ke semifinal Piala Afrika 2019. Nigeria lolos setelah menumbangkan Afrikas Selatan dengan skor 2-1. Sementara Senegal menumbangkan Benin dengan skor tipis 2-1.

Pertarungan sengit terjadi antara Nigeria lawan Afrika Selatan. Nigeria unggul lebih dulu gol Chukwueze di menit 27. Namun Afrika Selatan mampu menyamakan kedudukan di menit menit ke-71 lewat sundulan Zungu. Gol ini menandakan penggunaan video assistance referee (VAR) untuk pertama kalinya di Piala Afrika. Namun, Nigeria mampu menutup laga dengan kemenangan, lewat gol telat dari William Troost-Ekong.

Pelatih Nigeria Gernot Rohr mengaku strategi yang diterapkannya sukses melawan tim Bafana Bafana. ''Apa yang saya suka dari tim ini adalah mereka tidak pernah menyerah, tidak pernah putus asa, dan kembali di menit terakhir, inilah yang membuat kami sampai sejauh ini,'' ucap Rohr, dikutip dari ESPN, Kamis (11/7).

Di sisi lain, Senegal ditolong oleh penggawa Everton Idrissa Gueye, yang mencetak satu-satunya gol dalam laga tersebut. Senegal yang diisi pemain-pemain top klub Eropa seperti Sadio Mane, Keita Balde, Niang hingga Koulibaly itu tampil dominan. Mereka bahkan menciptakan beberapa peluang emas, yang masih digagalkan oleh disiplinnya barisan belakang Benin.

Senegal akan bermain dalam semi-final keempat kalinya dalam sejarah Piala Afrika, dan yang pertama sejak 2006. Capaian terbaik mereka adalah menjadi runner-up pada Piala Afrika 2002.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement