Ahad 14 Jul 2019 17:47 WIB

Lima Fakta Jelang Final Wimbledon: Djokovic Vs Federer

Final tunggal putra Wimbledon 2019 mempertemukan Novak Djokovic dan Roger Federer.

Ekspresi Novak Djokovic setelah mengalahkan Roberto Bautista Agut dan lolos ke final Wimbledon 2019.
Foto: EPA-EFE/Tim Ireland
Ekspresi Novak Djokovic setelah mengalahkan Roberto Bautista Agut dan lolos ke final Wimbledon 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, WIMBLEDON -- Partai final tunggal putra Wimbledon 2019 yang akan berlangsung pada Ahad (14/7) malam akan mempertemukan Novak Djokovic dan Roger Federer. Berikut ini adalah lima fakta final tunggal putra Wimbledon antara Novak Djokovic dan Roger Federer, menurut catatan AFP:

Dominasi ''Tiga Besar''

Dengan majunya Djokovic dan Federer ke final, pemenang pada pertandingan Ahad ini akan memperpanjang rangkaian gelar Grand Slam yang dimenangi oleh ''Tiga Besar'' yakni kedua finalis dan Rafael Nadal menjadi 11 gelar utama berturut-turut. Sejak Federer memenangi gelar Grand Slam pertamanya di Wimbledon pada 2003, hanya lima final Grand Slam yang dipertandingkan oleh dua pemain di luar ''Tiga Besar'' tersebut.

Federer, tua perkasa

Pada usia 37 tahun 340 hari, Federer sedang berusaha menjadi pemain tertua pada era open yang memenangi gelar tunggal putra Grand Slam. Ken Rosewall adalah satu-satunya pemain berusia 37 tahun yang memenangi gelar tunggal turnamen utama pada waktu itu - ia menjuarai Australia Open 1972 pada usia 37 tahun 62 hari.

30 tahun ke atas masih spesial

Juara pada Wimbledon kali ini akan memperpanjang deretan gelar Grand Slam yang dimenangi oleh pemain berusia 30 tahun atau lebih tua. Sebanyak 12 gelar Grand Slam terakhir "termasuk pada Wimbledon tahun ini" telah terbagi di antara pemain berusia 30 tahun atau lebih.

Djokovic buru gelar kelima Wimbledon

Juara bertahan Djokovic sedang berusaha memenangi gelar Wimbledon kelimanya dan menyamai Bjorn Borg dan Laurie Doherty di urutan keempat dalam daftar juara sepanjang masa. Ia juga mengejar gelar utama ke-16 sepanjang karirnya.

Federer akan samai Navratilova?

Federer sedang berusaha menjadi petenis kedua dalam sejarah yang memenangi sembilan gelar tunggal Wimbledon setelah Martina Navratilova yang memenangi sembilan tunggal putri. Federer juga mengejar gelar Grand Slam ke-21.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement