Kamis 19 Sep 2019 18:59 WIB

Setelah Ballon D'Or, France Football Hadirkan Trofi Yachine

Majalah terkenal asal Prancis ini akan memberikan Trofi Yachine untuk kiper terbaik.

Lev Yashin
Foto: AP Photo/Bippa, File
Lev Yashin

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- France Football menghadirkan penghargaan baru selain Ballon d'Or yang fenomenal. Majalah terkenal asal Prancis ini akan memberikan Trofi Yachine untuk kiper terbaik.

Nama Yachine diambil dari kiper legendaris Uni Soviet Lev Yashin. Kiper terbaik dunia terpilih akan mendapatkan trofi Yachine dalam acara seremoni Ballon d’Or 2019y, sebut majalah France Football pada Kamis (19/9), dikutip Reuters.

Yashin membela Uni Soviet dari 1954 hingga 1967. Dia satu-satunya kiper yang memenangkan penghargaan Ballon d’Or pada 1963.

Ballon d’Or awalnya diberikan kepada pemain terbaik asal Eropa pada 1956 yang dipilih oleh jurnalis. Kemudian, penghargaan berubah menjadi pemain dari seluruh dunia yang merumput di Eropa pada 1995.

Ballon d'Or kemudian menjadi penghargaan global mulai 2007. Selain wartawan, pelatih dan kapten tim nasional dari seluruh dunia punya hak untuk memilih.

France Football mengatakan 10 kandidat penerima penghargaan untuk kiper akan diumumkan pada 21 Oktober. Seremoni Ballon d’Or akan digelar pada 2 Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement