Ahad 29 Sep 2019 20:32 WIB

Pasca-Insiden GP Belgia, Pembalap F2 Jalani Operasi Kaki

Juan masih dalam kondisi lemah dengan bantuan pernafasan dari sebuah alat khusus.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Juan Manuel Correa
Foto: Instagram @juanmanuelcorrea_
Juan Manuel Correa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Formula Dua (F2) Juan Manuel Correa akan menjalani operasi selama 10 jam di bagian kaki kanannya. Operasi itu dilakukan setelah Juan menolak amputasi pada kakinya usai mengalami kecelakaan parah di GP Belgia, sebulan lalu.

Dalam pernyataan resmi dari pihak keluarga, operasi tersebut akan dimulai pada Ahad (29/9). Keluarga menyerahkan sepenuhnya tindakan operasi pada tenaga medis yang menangani.

"Awal pekan ini, Juan Manuel sudah dipindahkan ke rumah sakit baru di London yang memiliki spesialisasi ortopedi setelah memperoleh perawatan pada paru-parunya," demikian pernyataan keluarga yang dikutip Crash, Ahad (29/9).

Hingga saat ini, Juan masih dalam kondisi lemah dengan bantuan pernafasan dari sebuah alat khusus. Dalam kecelakaan yang menewaskan pembalap lain Anthoine Hubert, Juan baru sadarkan diri setelah mengalami koma.

"Juan Manuel sekarang sudah benar-benar sadar, fungsi paru-parunya sudah lebih berkembang. Para dokter juga optimistis terhadap keadaannya secara umum," lanjut pihak keluarga.

Menurut pihak keluarga, operasi yang akan dijalani Juan akan menentukan masa depan pembalap berpaspor Amerika Serikat itu. Bagian engkel akan menjadi salah satu fokus tim dokter. "Cedera pada kakinya sangat parah dan operasi yang dilakukan akan sangat kompleks. Tim dokter sudah menawarkan opsi amputasi, tapi dia (Juan Manuel) menolak amputasi dan memilih operasi yang berkelanjutan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement