Ahad 06 Oct 2019 18:43 WIB

DPP KNPI Dukung Icuk Sugiarto Jadi Menpora

Usai rakernas, KNPI akan mengirimkan surat usulan tersebut kepada Presiden Jokowi.

Rapat Kerja Nasional dan Orientasi DPP KNPI yang berlangsung di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, pada 4-6 Oktober 2019.
Foto: Istimewa
Rapat Kerja Nasional dan Orientasi DPP KNPI yang berlangsung di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, pada 4-6 Oktober 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendukung legenda bulu tangkis, Icuk Sugiarto untuk diajukan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada Kabinet Kerja Jilid II Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Hal ini disepakati peserta Rapat Kerja Nasional dan Orientasi DPP KNPI yang berlangsung di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, pada 4-6 Oktober 2019.

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama mengatakan, sudah saatnya lembaga kementerian yang menaungi kepemudaan dijabat oleh orang yang mengerti persoalan pemuda dan olahraga. Icuk Sugiarto dinilai merupakan sosok yang tepat untuk diajukan untuk memangku jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Selama rakernas KNPI ini berlangsung, kami sudah menakar beberapa sosok atau tokoh yang bisa didorong untuk dimajukan sebagai Menpora periode 2019-2014. Setelah menyaring beberapa nama, akhirnya mengerucut kepada sosok Icuk Sugiarto, juara dunia bulutangkis 19983,” kata Haris kepada wartawan usai acara penutupan Rakernas, dalam rilisnya, Ahad (6/10).

Kata Haris, Icuk adalah seorang legenda bulu tangkis yang selalu berproses dalam dunia olahraga maupun di bidang kepemudaan. Hingga kini yang bersangkutan masih aktif membina bulu tangkis dengan membangun sebuah pemusatan latihan di Sukabumi, Jawa Barat.

“Jadi dasar kami memilih Icuk bukan ujuk-ujuk datang begitu saja. Kami melihat latar belakang Icuk sebagai mantan atlet yang tak pernah keluar dari jalurnya dalam membangun olahraga dan kepemudaan. Beliau juga pernah menjadi pengurus inti KNPI beberapa tahun lalu, dan mengerti betul bagaimana mengatasi masalah kepemudaan,” lanjut Haris.

Haris menilai, Icuk memiliki potensi menjadi pemimpin di sebuah kelembagaan pemuda dan olahraga lantaran bilau pernah menjadi staf khusus di Kemenpora pada eranya Menpora Adhyaksa Dault. Kemudian di bidang olahraga beliau juga pernah menjadi ketua umum Pengprov PBSI DKI Jakarta untuk beberapa periode, dan pernah pula duduk dalam kepengurusan PP PBSI di Cipayung. Terakhir Icuk menjadi staf khusus Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang periode yang lalu.

“Yang paling penting bagi kita lembaga kepemudaan di kabinet Jokowi-Ma’ruf dipimpin oleh orang yang paham olahraga dan pemuda dan bukan dari partai politik. Betul bahwa menunjuk seorang menteri itu adalah hak prerogatif presiden. Tetapi kita boleh saja mengusulkan sosok yang dianggap pantas untuk menduduki jabatan tersebut,” kata Haris menambahkan.

Dijelaskan, usai Rakernas DPP KNPI ini pihaknya akan berkirim surat kepada Presiden Jokowi. Ia berharap, usulan dari organisasi kepemudaan yang tulus mendukung Icuk Sugiarto menjadi Menpora bisa menjadi pertimbangan oleh Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement