Ahad 27 Oct 2019 03:10 WIB

Federer Cetak Kemenangan Ke-50 Usai Tekuk Tsitispas

Federer belum kehilangan satu set pun pada turnamen Basel tahun ini.

Roger Federer
Foto: EPA-EFE/Tony Mcdonough
Roger Federer

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unggulan utama Roger Federer menyingkirkan unggulan ketiga dari Yunani, Stefanos Tsitsipas, dengan skor 6-4, 6-4 pada semifinal kejuaraan Swiss Indoors di Basel, Sabtu (27/10) waktu setempat. Ini merupakan kemenangan ke-50 petenis Swiss itu sepanjang musim ini.

Selain itu, ini ke-16 kalinya Federer memenangkan 50 pertandingan ATP dalam satu musim. Ia belum kehilangan satu set pun pada turnamen Basel tahun ini. Kini ia memenangkan 23 pertandingan berturut-turut selama beberapa tahun.

Petenis berusia 38 tahun itu akan memburu gelar ke-10 di tanah kelahirannya saat menghadapi petenis non-unggulan dari Australia, Alex de Minaur, dalam final Ahad (28/10). Dan ini adalah final level tour ke-157 Federer selama kariernya.

Dilansir Reuters, mantan petenis nomor satu dunia asal Swiss itu tidak kehilangan satu pun servis. Persentase kemenangan servis pertamanya mencapai 80 persen dan servis kedua 85 persen. Ia dan dua kali menggagalkan servis Tsitsipas dalam pertandingan yang berlangsung 78 menit itu.

Federer, yang mencatat 28 pukulan winner, juga menjadi ancaman yang konstan ketika berada di depan net dengan memenangkan sembilan dari 10 poin di depan net dalam set pembuka saja.

Sementara itu, De Minaur mengalahkan petenis Amerika Serikat, Reilly Opelka 7-6(2) 6-7(4) 7-6(3), pada semifinal yang lain. Sekalipun Opelka melepaskan 26 ace melawan 14 ace yang diciptakan De Minaur, tetaplah petenis Australia berusia 20 tahun itu yang memenangkan semua tiebreak untuk melangkah ke final tour ATP keenamnya dan kempatnya tahun ini setelah menjadi juara di Sydney, Atlanta, dan Zhuhai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement