Senin 13 Jun 2022 23:29 WIB

Federer Bertekad Kembali ke ATP Tour pada 2023

Federer belum membuat rencana apapun di luar jadwal penampilannya pada Laver Cup.

Petenis veteran asal Swiss, Roger Federer.
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Petenis veteran asal Swiss, Roger Federer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roger Federer mengatakan ia pasti berniat kembali ke tenis level atas pada 2023. Tetapi ia belum membuat rencana konkret apapun di luar jadwal penampilannya pada Laver Cup dan turnamen di kota tempat tinggalnya Basel akhir tahun ini.

Mantan petenis nomor satu dunia, yang akan berusia 41 tahun pada Agustus itu, belum bermain sejak Juli tahun lalu, ketika ia tersingkir dari Wimbledon pada perempat final melawan Hubert Hurkacz.

Baca Juga

Awal tahun ini, Federer mengonfirmasi rencananya untuk bergabung dengan petenis Spanyol Rafa Nadal pada Laver Cup di London, sebelum bertanding pada turnamen Swiss Indoors.

"Ya, pasti," kata Federer kepada surat kabar Tages-Anzeiger dilansir Reuters, Senin (13/6/2022), ketika ditanya apakah ia ingin kembali ke ATP tour pada 2023. "Bagaimana dan di mana, saya belum tahu. Tapi itu idenya. Saya belum berencana lebih dari Laver Cup dan Basel. Setelah Basel, musim sudah berakhir. Penting bagi saya untuk fit kembali sehingga saya bisa berlatih sepenuhnya. Begitu saya selesai itu, saya bisa memilih berapa banyak turnamen yang akan saya mainkan dan di mana."

Rekan setim Federer pada Laver Cup, Nadal, mengalahkan petenis Norwegia Casper Ruud untuk merebuh mahkota Roland Garros ke-14 yang memperpanjang rekornya awal bulan ini. Federer memuji prestasi petenis Spanyol itu.

"Secara umum, sungguh luar biasa apa yang sudah dicapai Rafa," kata Federer. "Rekor Pete Sampras, yang saya kalahkan, adalah 14 gelar Grand Slam. Sekarang Rafa memenangi French Open 14 kali. Itu luar biasa. Saya gembira untuk dia bahwa ia berhasil lagi. Angkat topi untuk Rafa. Setelah ke-10, ke-11 kali, saya sudah mengira, 'Ini tidak mungkin'. Ia terus meningkatkan standar. Ini sangat besar."

Federer berpasangan dengan Nadal untuk pertandingan ganda pertama kali dan satu-satunya bersama-sama pada edisi perdana Laver Cup di Praha pada 2017.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement