Sabtu 23 Nov 2019 14:50 WIB

Banumas Juara Baru, Liga Desa Nusantara akan Dipertahankan

Pada final Liga Desa Nusantara yang ketat, Desa Banumas mengalahkan Desa Palambarae.

Tim Desa Banumas dari Sumatra Selatan menjuarai Liga Desa Nusantara 2019.
Foto: Dok Liga Desa Nusantara
Tim Desa Banumas dari Sumatra Selatan menjuarai Liga Desa Nusantara 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Lapangan Pasir Tanjung, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, menjadi saksi keberhasilan Desa Banumas dari OKU Timur, Sumatra Selatan, meraih gelar juara Liga Desa Nusantara 2019. Pada final Liga Desa Nusantara yang ketat, Desa Banumas mengalahkan Desa Palambarae, wakil Sulawesi Selatan.

Pertandingan final berlangsung pada Jumat (22/11) sore. Skor akhir pertandingan 2x35 menit itu adalah 1-0. Gol tunggal Desa Banumas dicetak Idul Geger Pangestu pada menit ke-45. 

Desa Banumas menjadi juara baru Liga Desa Nusantara. Mereka mengikuti jejak Desa Sukarame dari Tasikmalaya yang menjadi juara pada 2017 dan Desa Rappang, Sulawesi Selatan pada 2018.

Seri nasional Liga Desa Nusantara 2019 dipusatkan di Kabupaten Bekasi. Diselenggarakan di tiga lapangan desa, yaitu Lapangan Pasir Gombong, Lapangan Haji Kandi, dan Lapangan Pasir Tanjung, 20-22 November 2019.

Liga Desa Nusantara 2019 diselenggarakan di 18 provinsi. Jumlah ini meningkat tiap tahunnya. Mulai dua provinsi pada 2017 dan 12 provinsi pada 2018. Manajemen Kompetisi (MK) dipercaya menjadi pelaksana teknis kompetisi ini.

"Liga Desa Nusantara telah berjalan sejak 2017 hingga 2019. Semuanya berjalan lancar dan sukses. Liga Desa Nusantara akan terus bergulir tiap tahun. Harapannya akan muncul pemain berbakat yang dapat membawa nama Indonesia di kancah dunia," kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar. 

Sedangkan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT, Taufik Madjid, menyambut positif antusiasme desa di seluruh Indonesia terhadap pelaksanaan kompetisi ini.

"Semoga Liga Desa Nusantara 2020 tahun depan, provinsi yang menyelenggarakannya makin bertambah banyak. Kompetisi ini terbukti mampu membangkitkan gairah perekonomian masyarakat desa lewat olahraga, khususnya sepak bola," kata Taufik Madjid. 

Ada rencana Kemendesa PDTT akan menggandeng BUMN perbankan untuk bersanding menggelar kompetisi ini. "Bank BNI secara lisan bahkan sudah menyatakan berkomitmen membantu untuk tahun depan," kata Mohamad Kusnaeni dari Manajemen Kompetisi.

Sementara pelatih Desa Banumas, Joko Nugroho, mengungkapkan kunci keberhasilan timnya menjadi juara adalah kesabaran. Selain persiapan maksimal sebelum berangkat ke seri nasional.

"Kami bersyukur bisa menjalani pertandingan dengan penuh kesabaran. Hasilnya kami bisa bermain maksimal sampai akhirnya menjadi juara," kata Joko Nugroho.

Distribusi Gelar Liga Desa Nusantara 2019

Juara: Desa Banumas, Sumsel

Runner-up: Desa Palambarae, Sulsel

Peringkat ketiga bersama: Desa Mororejo, Jateng dan Desa Desa Lintidu, Sulteng

Pemain Terbaik: Ketut Surianto (Desa Banumas)

TopScorer: Gianluca Bawenti (6 gol/Desa Tabang, Sulut)

Tim Fair Play: Desa Buduk, Bali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement