Senin 02 Dec 2019 16:45 WIB

Britania-Irlandia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

Penyelenggaraan Piala Dunia 2030 di Britania diharapkan akan jadi pencapaian puncak.

Trofi Piala Dunia
Foto: EPA/Bernd Weissbrod
Trofi Piala Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Peluang bagi Britania dan Irlandia untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 membesar. Ini setelah para pejabat dari kedua federasi sepak bola negara tersebut sepakat mempercepat segala persiapan untuk menjadi tuan rumah.

"Studi kelayakannya positif dan terdapat nuansa bahwa ini merupakan hal yang tepat untuk diteruskan," kata General Manager FA Irlandia Noel Mooney seperti dilansir The Times, Senin (2/12). "Upaya ini melampaui para kompetitor, dan dipimpin sangat baik oleh orang-orang dari FA Inggris yang memberi presentasi yang sangat bagus."

Mooney berharap pencalonan itu menjadi sangat kredibel dan berujung pada kemenangan. FA Inggris, yang memimpin studi kelayakan, mempresentasikan temuan-temuan pada federasi-federasi lain saat pertemuan sebelum undian Piala Eropa 2020 digelar pada Sabtu (30/11).

The Times melaporkan bahwa pada pencalonan tuan rumah bersama itu pertandingan-pertandingan akan dimainkan di sejumlah kota di Inggris, bersama Cardiff, Glasgow, dan Dublin. Final rencananya akan dimainkan di Stadion Wembley, London.

Badan pendanaan UK Sport, yang memberi masukan kepada pemerintah terkait pencalonan mana yang dapat didukung, pada tahun lalu mengatakan, penyelenggaraan Piala Dunia 2030 di Britania akan menjadi pencapaian puncak.

Argentina, Uruguay, Chile, dan Paraguay telah mengumumkan mengajukan pencalonan tuan rumah bersama empat negara. Pencalonan tersebut memiliki nilai sentimentil karena Uruguay merupakan tuan rumah Piala Dunia edisi perdana pada 1930. China juga menjadi salah satu kandidat tuan rumah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement