Jumat 13 Dec 2019 19:10 WIB

Parodikan Mao Zedong, Klub Basket Cina Dihukum

Parodi itu diposting di media sosial.

Mao Zedong
Foto: Wikipedia
Mao Zedong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub liga bola basket Cina, Zhejiang Guangsha Lions, dijatuhi denda satu juan yuan (140.000 dolar AS). Zhejiang Guangsha Lions dihukum karena mengganti foto wajah Mao Zedong dengan maskot klub.

Dari postingan klub tersebut di media sosial, memperlihat seekor singa dalam jaket dan topi bintang merah Mao di bawah slogan: "Jika kamu tertinggal, kamu bakal kalah." Akibat dari postingan itu, Zhejiang Guangsha Lions dihukum dan akhirnya meminta maaf. 

Frasa itu diasosiasikan dengan Perang Opium yang merupakan konflik abad ke-19 antara Inggris dan Cina. Selain itu, poster itu sangat mengingatkan kepada propaganda Partai Komunis era Mao.

Lima pemain di bawah foto itu mengenakan syal merah dan klub itu menulis di medsos Cina, Weibo, dengan memublikasikan foto itu di bawah tulisan "Hidup spirit merah."

Asosiasi Bola Basket China (CBA) yang mendenda tim itu menyatakan poster itu menunjukkan informasi yang sangat tidak pantas yang menimbulkan dampak sosial yang luar biasa negatif.

Zhejiang dituding lalai membiarkan poster itu. CBA pun langsung menyelidik staf serta memecat staf yang bertanggung jawab.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement