Senin 06 Jan 2020 19:37 WIB

Penjaga Gawang Jerman Barat, Hans Tilkowski Wafat

Hans Tilkowski meninggal pada usia 84 tahun.

Hans Tilkowski, Kiper Jerman Barat pada Piala Dunia 1966.
Foto: EPA-EFE/BERND THISSEN
Hans Tilkowski, Kiper Jerman Barat pada Piala Dunia 1966.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga gawang Jerman Barat, Hans Tilkowski meninggal dunia dalam usia 84 tahun pada Ahad kemarin. Associated Press melaporkan, Hans yang memperkuat Jerman Barat pada final Piala Dunia 1966 itu, diketahui telah lama jatuh sakit.

Tilkowski menjadi buah bibir usai laga final Piala Dunia 1966, saat Jerman kalah dari Inggris 2-4. Kala itu, Tilkowski meyakini bahwa sepakan bola Geoff Hurst yang membentur tiang dan mantul ke bawah tak melewati garis gawang. Tilkowski pun paling sering menerima pertanyaan tentang gol kontroversial tersebut.

Tilkowski menjalani debut membela Jerman Barat pada Piala Dunia 1966. Pemain kelahiran Dortmund-Husen 12 Juli 1935 ini sebelumnya hanya menjadi pemain cadangan pada Piala Dunia 1962. Dia kalah dengan kiper muda Wolfgang Fahrian.

Selama memperkuat Jerman Barat, Tilkowski tak pernah mencicipi gelar juara dunia. Di level klub, saat membela Borussia Dortmund dari 1963 sampai 1967, Tilkowski memenangkan DFB Pokal dan Piala Winners. Tilkowski juga meraih gelar Pemain Terbaik Jerman tahun 1965.

Hurst dalam ciutannya di Twitter menyebut, sosok Tilkowski merupakan pemain yang hebat untuk klubnya, Borussia Dortmund, dan Jerman. Tilkowski dinilai Hurst seorang pria yang baik hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement