Senin 06 Jan 2020 19:58 WIB

Hans Tilkowski Wafat, Sir Geoff Hurst: Dia Pemain Hebat

Sir Geoff Hurst memberikan penghormatan terakhir kepada koleganya, Hans Tilkowski

Geoff Hurst (Kiri) ketika menjebol gawang Hans Tilkowski (Kanan) pada Final Piala Dunia 1966 di Wmbley, Inggris.
Foto: EPA-EFE/STR BLACK AND WHITE
Geoff Hurst (Kiri) ketika menjebol gawang Hans Tilkowski (Kanan) pada Final Piala Dunia 1966 di Wmbley, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pahlawan Inggris di Piala Dunia 1966, Sir Geoff Hurst memberikan penghormatan terakhir kepada koleganya, Hans Tilkowski yang wafat, Ahad kemarin, pada usia 84 tahun.

"Dia pemain hebat untuk klubnya, Borussia Dortmund dan Jerman Barat, Dia sosok yang baik hati," kata Hurst seperti dilansir BBC, Senin (7/1).

"Saya sangat menikmati waktu yang kami habiskan bersama selama bertahun-tahun."

Hurst menjebol tiga kali gawang kiper Jerman Barat itu ketika Inggris mengalahkan Jerman Barat 4-2 di Wembley. Tilkowski sempat mempertanyakan gol ketiga Hurst yang dianggapnya tidak sah lantaran tak melewati garis gawang. Sejak itu, Tilkowski banyak mendapat pertanyaan tentang gol kontroversial tersebut.

Sebelum membela Dortmund, Tilkowksi sempat membela Westfalia Herne. Selanjutnya, ia membela Dortmund dan merain gelar juara Piala DFB dan Winners. Kemudian ia pindah ke Werder Bremen, Nuremberg, dan AEK Athens.

Presiden Borussia Dortmund Dr Reinhard Rauball mengungkapkan rasa duka citanya atas meninggalnya sang legenda. "Sepak bola Jerman kehilangan atlet yang dihormati secara internasional. Bersama Borussia Dortmund, ia membuat sejarah ketika ia bersama klub ini menjadi tim Jerman pertama yang memenangkan trofi Eropa pada 1966 melawan Liverpool."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement