Selasa 28 Jan 2020 06:26 WIB

Permintaan Memorabilia Kobe Bryant Meroket

Kobe meninggal dunia bersama putrinya yang berusia 13 tahun Gianna.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain basket LA Lakers, Kobe Bryant, memeluk putrinya Gianna, dalam sebuah dokumen foto tahun 2016. Kecelakaan helikopter Senin pagi (27/1) waktu Indonesia menewaskan Kobe dan putrinya.
Foto: AP
Pemain basket LA Lakers, Kobe Bryant, memeluk putrinya Gianna, dalam sebuah dokumen foto tahun 2016. Kecelakaan helikopter Senin pagi (27/1) waktu Indonesia menewaskan Kobe dan putrinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Rick Probstein salah satu penjual memorabilia olahraga terbesar di situs lelang online eBay, berada di depan komputer pada Ahad (26/1). Dari kantornya di New Jersey, dia melihat penjualan barang-barang memorabilia legenda NBA Kobe Bryant tiba-tiba melesat lebih tinggi. Rick kemudian menyadari ada sesuatu yang telah terjadi.

Pria berusia 50 tahun itu akhirnya mengetahui tentang kematian mantan bintang Los Angeles Lakers tersebut. Kobe meninggal dunia bersama putrinya yang berusia 13 tahun Gianna dan tujuh lainnya dalam kecelakaan helikopter dekat Los Angeles pada Ahad

Baca Juga

"Saya melihat email memorabilia Kobe terjual, Kobe dijual, Kobe dijual... Saya seperti 'Ya Tuhan, apa yang terjadi?'" Katanya dalam sebuah wawancara telepon pada hari Senin, "Mengerikan.  Ini cara yang mengerikan untuk mendapatkan berita saat Anda mendapatkannya melalui penjualan," katanya dilansir dari laman Reuters, Selasa (28/1).

Sejak berita kematian Koeb menyebar, sekitar 50 orang telah menghubungi Probstein untuk mendaftar item memorabilia terkait pada pengiriman di eBay.  Probstein juga telah menjual beberapa kartu bola basket Kobe Bryant - beberapa yang terdaftar dengan harga lebih dari 10 ribu dolar AS (Rp 136 juta), bersama dengan bola basket yang ditandatangani, barang-barang berbingkai, dan sepatu.

Pada Senin sore, lebih dari 12.800 item Bryant telah dijual di eBay Inc sejak berita kematiannya merebak, termasuk sekelompok 31 kartu dengan fotonya yang dijual seharga 75 ribu dolar menurut data di situs tersebut.

Permintaan itu telah menyebabkan harga ikut meroket, menurut Probstein, yang mengatakan dia telah melihat kenaikan harga dari lima menjadi 15 kali lebih banyak dari harga jual asli.

Disebutkan di situs media sosial termasuk Twitter dan Facebook tentang pembelian kaus Kobe Bryant lebih dari dua kali lipat pada hari Ahad setelah berita kematiannya, menurut perusahaan pemantauan media sosial Brandwatch.

Ada lebih dari 69 ribu akun media sosial menyebutkan jersey NBA Bryant pada Ahad dan Senin, kata perusahaan itu, dengan banyak pengguna berbagi cerita nostalgia tentang kaus Kobe pertama mereka.

Buku Bryant "The Mamba Mentality: How I Play" adalah buku terlaris di Amazon.com Inc pada tengah hari Senin. di reseller online mewah The RealReal Inc, pencarian sepatu Kobe Bryant melonjak sekitar 30 kali lebih tinggi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement