Jumat 14 Feb 2020 22:39 WIB

PSG, Klub Sepak Bola dengan Finansial Terkuat di Dunia

PSG mengalahkan klub papan atas Inggris Manchester City yang duduk di posisi kedua.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Para pemain Paris Saint-Germain (PSG). PSG merupakan klub sepak bola dengan finansial terkuat di dunia.
Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Para pemain Paris Saint-Germain (PSG). PSG merupakan klub sepak bola dengan finansial terkuat di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paris Saint-Germain (PSG) menjadi klub terkuat secara finansial dalam sepak bola dunia berdasarkan laporan akhir tahun soccerex Football Finance 100. Mereka mengalahkan klub papan atas Inggris Manchester City yang duduk di posisi kedua.

Dilansir dari RTE, Jumat (14/2), PSG memuncaki laporan edisi tahun 2020 dengan skor indeks keuangan sepak bola 5,318. Skor tersebur didasarkan atas aset berwujud, keuangan di kas mereka, investasi, dan utang yang dimiliki PSG.

Baca Juga

Dari laporan tersebut disebutkan PSG mampu mengurangi utang 70 juta Euro pada tahun lalu. Sedangkan City justru menambah utang 90 juta euro.

Raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen menduduki posisi ketiga. Sedangkan Tottenham Hotspur dan Real Madrid melengkapi lima besar. Posisi Manchester United turun ke urutan ke-16 dari sebelumnya urutan kedelapan.

Hal tersebut dikarena utang MU mengalami peningkatan serta nilai skuatnya yang menurun. Klub-klub besar Eropa menguasai hampir 80 persen sebagai tim terkuat.

Tetapi sebesar 30 persen, tim-tim besar dimiliki oleh individu atau kelompok non-Eropa. Seperti dari Timur Tengah, Amerika Utara dan Asia Tenggara.

"Laporan tahun ini melukiskan gambaran positif dari kesehatan keuangan kolektif sepak bola. Tetapi juga menyoroti ketidakseimbangan yang tumbuh antara kekuatan elite Eropa dalam beberapa merk warisan permainan," kata Direktur Pelaksana Soccerex Philip Gegan.

Gegan mengatakan, terlepas dominasi Eropa, sepak bola adalah olahraga global dengan investasi dari berbagai pihak. Ini yang dapat membuat olahraga ini berkembang.

Liga Inggris menyumbang 18 tim dalam peringkat 100 besar. Sedangkan Liga Utama AS menyumbangkan 17 tim.

Los Angeles merupakan tim teratas dari MLS di peringkat tersebut yaitu diperingkat ke-18. Mereka unggul dari LA Galaxy di peringkat 22.

10 tim sepak bola dengan finansial terkuat:

1 Paris Saint-Germain

2 Manchester City

3 Bayern Muenchen 

4 Tottenham Hotspur

5 Real Madrid

6 Arsenal

7 Chelsea

8 Liverpool

9 Juventus

10 Borussia Dortmund 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement