Ahad 16 Feb 2020 19:48 WIB

Wajah Baru Stadion Manahan demi Piala Dunia U-20

Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.003 penonton dengan tempat duduk tunggal.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan pada peresmian Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2).
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan pada peresmian Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo meresmikan renovasi Stadion Gelora Manahan Surakarta, Sabtu (15/2). Direncanakan, arena itu akan menjadi salah satu lapangan yang menggelar Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

"Kita berharap nantinya di 2021 Stadion Manahan Solo bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 oleh PSSI maupun FIFA. Sehingga nanti kita bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang sangat megah ini," kata Jokowi.

Jokowi melihat, Stadion Manahan mengalami perubahan pesat. Mantan wali kota Solo itu menilai lapangan tersebut bertambah megah dengan fasilitas yang jauh lebih baik.

Presiden pun menandatangani prasasti di tribun sisi barat sebagai tanda peresmian renovasi yang sudah dilakukan sejak Agustus 2018 lalu. Secara simbolis, ia juga menyerahkan bola kepada anak gawang.

Usai peresmian, Presiden RI kemudian menonton laga persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung, ditemani Ibu Negara Iriana dan cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra.

Beberapa menteri kabinet ikut hadir dalam acara peresmian tersebut, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, hadir pula Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochammad Iriawan.

Dalam laga eksibisi itu, tim tamu berhasil menang 2-0 lewat dua gol Beckham Putra Nugraha dan penalti Zulham Zamrun.

Sejak dipugar pada Agustus 2018, renovasi di Manahan butuh waktu satu tahun lebih hingga akhir 2019. Stadion itu memiliki luas 34.960 meter persegi dan berdiri di atas kawasan seluas 173.300 meter persegi.

Stadion Manahan memiliki kapasitas 20.003 penonton dengan tempat duduk tunggal. Pemugaran juga meliputi perbaikan struktur lapangan, penambahan kolom tribun baru, hingga penambahan struktur lantai VIP.

Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Stadion Manahan sudah beralih pengelolaannya. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahkan pengelolaan kepada Pemerintah Kota Surakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement