Sabtu 07 Mar 2020 16:34 WIB

Arsenal vs West Ham United, Arteta Tahu Strategi Moyes

Arteta merupakan salah satu pemain yang didatangkan Moyes kala masih membesut Everton

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita
Mikel Arteta
Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sekitar tujuh tahun bekerjasama dengan David Moyes di Everton, Mikel Arteta mengaku paham dengan gaya, strategi, dan taktik permainan yang diusung David Moyes. Pengetahuan inilah yang akan digunakan eks asisten pelatih Machester City itu kala Arsenal melakoni laga Derby London, saat menerima lawatan West Ham United pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris, Sabtu (7/3) malam WIB.

Arteta merupakan salah satu pemain yang didatangkan Moyes kala masih membesut Everton, tepatnya pada 2005 silam. Pada saat itu, Arteta, yang berposisi sebagai gelandang, didatangkan dari Real Sociedad dengan nilai transfer mencapai dua juta poundsterling. Namun, kerjasama antara Moyes dan Arteta itu berakhir pada 2011, saat memilih bergabung bersama Arsenal.

Baca Juga

Kini, keduanya kembali bertemu, namun di sisi lapangan yang berbeda. Arteta berada di kursi pelatih The Gunners, sementara Moyes sebagai pelatih West Ham United usai menggantikan Manuel Pellegrini yang dipecat pada akhir Desember silam. Menghadapi bekas bosnya itu, Arteta mengaku mengerti betul dengan gaya permainan yang diusung pelatih asal Skotlandia tersebut.

"Saya tahu bagaimana David (Moyes) mempersiapkan tim, karena saya bekerja selama tujuh tahun bersamanya. Saya tahu, bagaimana dia membangun struktur dan organisasi permainan. Dia akan mengandalkan kekuatan fisik para pemain. Karena itu, kami mesti siap meredam semua kemungkinan itu dan fokus pada mengembangka permainan kami," kata pelatih berusia 37 tahun itu seperti dikutip laman resmi klub, Sabtu (7/3).

Menghadapi The Hammers di Stadion Emirates, Arsenal tengah berada dalam tren positif performa, terutama di pentas Liga Primer Inggris. Tim asal London Utara itu sukses menorehkan dua kemenangan beruntun. Apabila bisa menang di laga ini, maka Arsenal bakal mencatatkan tiga kemenangan beruntun di pentas Liga Primer Inggris untuk pertama kalinya sejak Februari 2019 silam.

Tidak hanya soal menjaga tren performa, kemenangan ini pun memiliki arti penting buat The Gunners untuk bisa menjaga peluang bersaing di zona kompetisi Eropa. Mesi berada di peringkat ke-10 dan terpaut lima poin dari peringkat kelima, tapi Arteta optimis timnya bisa memperbaiki posisi dan tampil di kompetisi Eropa pada musim depan.

"Pada Desember silam, tidak ada pembicaraan soal tampil di kompetisi Eropa. Namun, kini kami memiliki keyakinan tersebut. Kini, kami mesti fokus dari satu laga ke laga berikutnya. Jika kami bisa mengalahkan West Ham, maka kami akan semakin dekat (ke lima besar klasemen sementara)," kata pelatih yang menggantikan Unai Emery pada pertengahan Desember silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement