Senin 16 Mar 2020 00:12 WIB

Ini Wacana Kalender Baru Liga Italia

Liga Italia dilanjutkan pada 2 Mei dan berakhir pada 30 Juni 2020.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Logo Serie A Italia (ilustrasi)(Youtube)
Foto: Youtube
Logo Serie A Italia (ilustrasi)(Youtube)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah rencana dirancang untuk menuntaskan kompetisi Liga Italia Seri A musim 2019/2020 yang terhenti akibat wabah virus corona. Berbagai pihak yang berkompeten dilaporkan sudah menemukan rencana yang paling memungkinkan untuk menyelesaikan Seri A, yakni melanjutkan liga pada 2 Mei dan mengakhirinya pada 30 Juni. 

Seri A diketahui telah ditangguhkan minimal hingga awal April untuk dievaluasi kembali. Masih ada 12 sampai 13 pertandingan tersisa. Jumlahnya berbeda bagi setiap tim karena ada laga yang ditunda saat tim lain bertanding.

Baca Juga

Jika Liga Italia bisa kembali digelar pada 2 Mei, akan ada sembilan laga akhir pekan dan tiga pertandingan tengah pekan bersama dengan lima tanggal untuk Liga Europa. 

Ini berarti klub harus memainkan 17 pertandingan Seri A dan kompetisi piala pada waktu tersebut. Namun, Coppa Italia mungkin akan dikorbankan dan dialihkan ke musim depan.

Berbagai sumber termasuk La Repubblica dan La Gazzetta dello Sport, seperti dikutip dari Football Italia, Ahad (15/3), menguraikan kalender baru yang paling memungkinkan di tengah pandemi corona. Namun, tidak ada keputusan yang dapat diambil sampai UEFA menggelar pertemuan darurat pada Selasa (17/3). Pertemuan ini akan menentukan nasib Euro 2020 dan cara terbaik untuk menyelesaikan kompetisi Liga Champions maupun Liga Europa.

Penangguhan resmi sepak bola Italia hanya berlangsung hingga 3 April. Namun, penangguhan tampaknya akan berlanjut karena hingga saat ini tercatat sudah 11 pemain yang merumput di Seri A positif terjangkit corona. 

Selain itu, Italia pun masih memberlakukan kebijakan lockdown. Presiden FIGC Gabriele Gravina kembali mengingatkan bahwa Seri A harus selesai pada 30 Juni. Jika tidak, mereka terpaksa harus menerima sistem play-off dan play-out untuk menentukan scudetto dan zona degradasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement