Senin 20 Apr 2020 06:33 WIB

Bursa Transfer akan Diramaikan oleh Perburuan Bek Tengah

Permintaan akan bek tengah berkualitas akan sangat tinggi pada bursa transfer

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Diego Godin, dibayangi Antoine Griezmann during the pada laga grup F Liga  Champions League, antara Inter Milan dan F.C. Barcelona, di stadion San Siro, Milan, Rabu (11/12) dini hari.
Foto: Luca Bruno/AP PHOTO
Diego Godin, dibayangi Antoine Griezmann during the pada laga grup F Liga Champions League, antara Inter Milan dan F.C. Barcelona, di stadion San Siro, Milan, Rabu (11/12) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permintaan akan bek tengah berkualitas akan sangat tinggi pada bursa transfer musim panas. Beberapa klub Eropa dari Spanyol, Italia, Inggris, dan liga lainnya, sedang berburu bek untuk memperkuat tim mereka. Sementara, harga untuk seorang bek naik berkali-kali lipat dalam beberap tahun terakhir.

Di Spanyol misalnya, dikutip dari Marca, Senin (20/4), Barcelona hanya punya tiga bek inti, dan pilihan ketiga adalah Samuel Umtiti yang harga pasarannya 40 juta euro. Ada Jean-Claier Todibo yang dipinjamkan ke Schalke. Namun dengan bursa transfer yang dihantam pandemi corona, sulit rasanya klub Bundesliga itu akan mengeksekusi klausul sebesar 25 juta euro untuk membeli Todibo secara permanen.

Bek Athletic Club Unai Nunez, punya klausul pelepasan sebesar 30 juta euro, meski tak berminat perpanjang kontrak. Sementara Yeray, setahun lalu klausul pelepasannya meningkat jadi 70 juta euro. Pau Torres, yang jadi bintang di Villareal, dibanderol sebesar 50 juta euro, lalu Diego Llorente juga punya banderol yang sama, dan telah diminati oleh klub Liga Primer Inggris.

Di Italia, Matthijs de Light masih jadi sorotan di Juventus, setelah tahun pertamanya tampil meragukan. Pemain asal Belanda itu pindah dari Ajax setelah dilepas dengan harga 75 juta euro. Namun, Si Nyonya Tua tak berniat membeli bek lagi, karena sudah punya Leonardo Bonucci, Daniele Rugani dan Giorgio Chiellini, hingga Merih Demiral.

Inter Juga sedang berburu bek tengah untuk menemani Milan Skriniar, Stefan de Vrij dan Diego Godin. Sementara itu, bek Napoli Kalidou Koulibaly jadi bek paling diincar saat ini. Namun Partenopei tidak akan melepasnya di bawah 100 juta euro.

Beralih ke Inggris, Harry Maguire dan Virgil va Dijk jadi fenomena tersendiri di Liga Inggris. Keduanya merupakan bek termahal di dunia saat ini. Manchester City bisa menjual John Stones atau Nichola Otamendi, untuk bisa mendapatkan dana segar mencari bek tangguh lainnya.

Begitu juga Manchester United, yang butuh opsi lain di samping Maguire dan Victor Lindelof, sementara Liverpool masih mengamati bek di bursa transfer. Jose Mourinho juga berusaha melirik bek tengah untuk Tottenham, mengingat kontrak Jan Vertonghen akan habis. Sehingga Spurs hanya punya Davinson Sanchez dan Toby Alderweireld.

Di Prancis dan Jerman, Thiago Silva akan meninggalkan paris Saint-Germain, yang membuat klub asal Paris itu akan mengalami kekosongan di sisi kiri. Sementara Benoit Badiashile telah membuat beberapa klub tertarik di Monaco. Lalu, bek RB Leipzig Dayot Upamecano, sedang diincar oleh beberapa klub top.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement