Sabtu 30 May 2020 06:26 WIB

Diego Costa Terancam Hukuman Kasus Penggelapan Pajak

Jaksa menuntut Costa enam bulan penjara.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Diego Costa
Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Diego Costa

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Penyerang Atletico Madrid Diego Costa akan menghadapi persidangan pada 4 Juni atas kasus penipuan pajak. Dilansir dari BBC, Jumat (29/5), Costa dituduh menggelapkan uang kewajibannya kepada negara lebih dari 1 juta Euro dengan tidak menyatakan pendapatan  lebih dari 5,15 jura Euro ketika pindah dari Atletico Madrid ke Chelsea pada 2014 silam.

Costa juga dinilai tak menyertakan pendapatan lebih dari dari 1 juta Euro dari hak image. Jaksa menuntut Costa dengan hukuman penjara enam bulan dan denda sebesar 507.208 ribu Euro. 

Baca Juga

Meski demikian, Costa bisa menjalani hukuman tanpa penjara. Pasalnya hukum di Spanyol memberlakukan bahwa jika vonis di bawah dua tahun dapat diganti dengan denda. Maka dari itu, pemain 31 tahun itu bisa membayar denda tambahan 36.500 ribu Euro apabila dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

Kasus seperti Costa yang kembali ke Atletico pada 2017 rupanya juga pernah dialami oleh pemain lain. Bintang Barcelona, Lionel Messi juga pernah dituding menggelapkan pajak. Pemain asal Argentina itu bahkan dijatuhi hukuman 21 bulan penjara 2016.

Namun Messi tak harus mendekam di penjara karena aturan hukum di Spanyol. Rival Messi, Ronaldo yang pernah bermain untuk Real Madrid juga pernah tersandung kasus penggelapan pajak. Pengadilan Spanyol menvonis bersalah Ronaldo pada 2018. Ronaldo diwajibkan membayar denda 18 juta Euro.

Pada saat membela Atletico pada periode pertama dan kedua, Costa adalah ujung tombak lini depan Atletco. Ketajamannya begitu menakutkan sehingga ditakuti oleh lawan. Pada periode ketiganya berseragam Rojiblancos, penampilannya tak segarang dulu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement