Jumat 12 Jun 2020 17:57 WIB

Suara Tiruan Penonton ES Sports akan Dipakai di Liga Inggris

Suara penonton tiruan EA sudah dipakai pada laga Sevilla vs Real Betis.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Para pendukung Liverpool (ilustrasi). Liga Primer Inggris bekerja sama dengan pengembang video game, Electronic Arts (EA) Sports membuat suara penonton tiruan.
Foto: Reuters / Carl Recine Livepic
Para pendukung Liverpool (ilustrasi). Liga Primer Inggris bekerja sama dengan pengembang video game, Electronic Arts (EA) Sports membuat suara penonton tiruan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pandemi Covid-19 membuat sebuah pengembang video game, Electronic Arts (EA) Sports menjalin kerja sama dengan dua liga top Eropa, Liga Primer Inggris dan La Liga Spanyol. Mereka akan membuat suara penonton tiruan selama pertandingan berlangsung. 

EA akan membuat inovasi tersebut karena mereka sudah menjalin kerja sama dengan dua pihak terkait. Suara penonton tiruan akan diputar dalam pertandingan karena setiap laga digelar tanpa penonton. 

Baca Juga

"Ini situasi yang semua orang tidak menyangka sebelumnya. Hal pentingnya adalah pengalaman bertanding tetap terasa bagi mereka yang juga menontonnya," kata seniman audio EA, Paul Boechler, dikutip ESPN, Jumat (12/6). 

Langkah ini sudah diterapkan dalam laga kemenangan 2-0 Sevilla atas Real Betis, Jumat (12/6) dini hari WIB. Teknologi akan dipakai pada laga Arsenal melawan Manchester City. 

Produser NBC untuk Liga Primer Inggris, Piere Moossa mengatakan, hal ini tepat dilakukan untuk menjaga keasyikan menonton pertandingan sepakbola, meski tidak ada penonton. 

Menurutnya, jika penonton hanya mendengar suara pelatih dan pemain saling berteriak di lapangan, maka akan terasa membosankan. Itu pula yang membuat pemegang hak siar Bundesliga jerman, Sky Deutschland menggunakan suara tiruan yang diambil dari pertandingan sebelumnya. 

"Tujuan kami adalah membawa riuh penonton ke dalam pertandingan," kata Moossa. 

Produser sekaligus desainer EA Sports, Andrew Vance mengklaim, pihaknya memiliki 800 rekaman suara yang siap dipakai untuk seluruh pertandingan. Ia menyampaikan, memiliki suara yel-yel di Anfield saat Liverpool menghadapi Barcelona di Liga Champions musim lalu. 

"Cara yang sederhana karena akan diatur oleh orang yang seperti DJ. Dia akan diberi mix board dan sound board berisi suara reaksi tekelan bahkan tendangan. Itu suara generik dari para fan," ujar Andrew. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement