Senin 06 Jul 2020 16:19 WIB

Finis Runner-up GP Austria Seperti Kemenangan Bagi Leclerc

Leclerc menganggap GP Austria kali ini merupakan salah satu balapan terbaiknya.

 Pembalap Ferarri Charles Leclerc
Foto: EPA-EFE/Yoan Valat
Pembalap Ferarri Charles Leclerc

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Ferrari, Charles Leclerc, merasa meraih kemenangan walaupun cuma finis di posisi runner-up dalam Grand Prix (GP) Austria. GP Austria menjadi seri pembuka Formula 1 (F1) 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Ahad (5/7).

"Ini terasa seperti kemenangan hari ini," kata pembalap berusia 22 tahun itu seperti dikutip Reuters, Senin (6/7).

Leclerc, yang menjalani tahun keduanya bersama Ferrari, mengungkapkan GP Austria kali ini merupakan salah satu balapan terbaik yang ia jalani sejak tampil di F1 tahun 2018. "Kami telah kesulitan pada awal akhir pekan ini, kami beruntung di balapan ini dengan sejumlah safety ar, tabrakan, penalti, tapi pada akhirnya kami tetap di trek," kata pebalap Monako itu.

Leclerc sebenarnya finis P3 setelah Lewis Hamilton. Namun Hamilton, pembalap Mercedes, itu terkena penalti tambahan waktu lima detik sehingga posisi akhirnya melorot ke P4.

Tahun lalu, Leclerc start dari pole position di Red Bull Ring, namun kalah dari Max Verstappen di sirkuit kandang tim berlogo dua banteng merah itu. Leclerc kali ini harus start dari P7, sementara rekan satu timnya, Sebastian Vettel dari P11, setelah paket mobil Ferrari mengecewakan di kualifikasi.

"Mendapati P2, dengan performa yang kami miliki sepanjang akhir pekan adalah sesuatu yang tak pernah saya sangka, jadi kami mengeluarkan yang terbaik," kata Leclerc, yang mempersembahkan dua kemenangan bagi Ferrari musim lalu. "Kami cepat di tikungan tapi kami kesulitan. Kami akan mempunyai paket baru di Hungaria untuk mencoba membenahi sedikit masalah ini. Balapan hari ini sangat sulit, sulit untuk menyalip."

Hungaria menjadi tuan rumah seri ketiga di kalender revisi tahun ini. Sementara Austria akan menggelar balapan keduanya akhir pekan nanti yang disebut GP Styria, mengambil nama dari wilayah setempat.

"Charles membalap dengan luar biasa, bertarung seperti singa dari awal hingga lap terakhir, dan sebisa mungkin memanfaatkan setiap kesempatan yang datang kepadanya," kata kepala tim Ferrari Mattia Binotto.

Sementara itu, Vettel mengamankan poin terakhir yang tersedia hari itu dengan finis peringkat 10.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement