Senin 30 Oct 2023 16:59 WIB

Max Verstappen Ukir Kemenangan ke-16 Musim Ini di GP Meksiko

Verstappen juga menyamai pencapaian pembalap legendaris Prancis, Alain Prost.

Pembalap Max Verstappen dari Red Bull Racing (kiri) berselebrasi dengan Red Bull engineer Richard Wholverson (kanan) usai juara Formula 1 (F1) GP Mexico City, Mexico, Ahad, 29 Oktober 2023.
Foto: EPA-EFE/Isaac Esquivel
Pembalap Max Verstappen dari Red Bull Racing (kiri) berselebrasi dengan Red Bull engineer Richard Wholverson (kanan) usai juara Formula 1 (F1) GP Mexico City, Mexico, Ahad, 29 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia F1, Max Verstappen, mengukir kemenangan ke-16nya musim ini di Grand Prix (GP) Meksiko, pada Senin (30/10/2023) dini hari WIB. Pembalap asal Belanda itu memimpin jalannya lomba dari awal sampai akhir.

Verstappen sukses merebut posisi terdepan dari pembalap penghuni pole position Charles Leclerc yang finis di posisi ketiga.

Baca Juga

Kemenangan itu sekaligus menjadi ukiran sejarah karena pembalap Red Bull itu menjadi pembalap pertama yang mampu memenangi 16 balapan dalam satu musim.

Verstappen juga menyamai pencapaian pembalap legendaris Prancis, Alain Prost, dengan 51 kemenangan sepanjang kariernya, berkat kemenangan kelima dari enam edisi balapan Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, finis di posisi kedua, dengan catatan lap tercepat. Sedangkan pembalap Ferrari Charles Leclerc finis di posisi ketiga.

Rekan setim Verstappen, Sergio Perez, tidak meneruskan balapan setelah bertubrukan dengan Leclerc saat ia berusaha menyalip untuk menuju tikungan pertama.

Keluarnya Perez membuatnya hanya unggul 20 poin atas Hamilton, pada pertarungan untuk memperebutkan peringkat kedua. Hal itu kini menjadi salah satu prioritas bagi Red Bull yang belum pernah menyelesaikan musim dengan finis di posisi satu-dua.

Pembalap Ferrari Carlos Sainz finis di posisi keempat, sedangkan Lando Norris yang membela McLaren finis di posisi kelima setelah mengawali balapan dari posisi ke-17.

George Russell finis di posisi keenam untuk Mercedes, pembalap Australia Daniel Ricciardo mencatatkan poin pertamanya untuk Alpha Tauri di posisi ketujuh, dan kompatriotnya Oscar Piastri di posisi kedelapan untuk McLaren.

Alex Albon yang membela Williams finis di posisi kesembilan, dan Pembalap Alpine Esteban Ocon di posisi kesepuluh.

Balapan sempat terhenti untuk pembersihan trek setelah menjalani 34 lap dari total 71 lap, saat pembalap Haas Magnussen bertubrukan yang diduga akibat dari kegagalan suspensi kanan belakang.

Pembalap Denmark itu keluar dari mobil dan duduk di tepi trek, saat bagian belakang mobilnya mengeluarkan api dan safety car terpaksa dikeluarkan sebelum bendera merah dikibarkan.

Balapan dilanjutkan dari posisi start ulang, dengan Verstappen memimpin dari pole dan Leclerc di posisi kedua. Kedua pembalap itu menggunakan ban hard, namun Hamilton yang tepat berada di belakang menggunakan ban medium.

Verstappen memanfaatkan periode kehadiran safety car sebagai kesempatan untuk melakukan pitstop kedua, sedangkan Leclerc masuk pit sebelum kecelakaan yang dialami Magnussen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement