Sabtu 12 Dec 2020 04:56 WIB

West Ham Taklukkan Leeds di Elland Road

West Ham menang 2-1 dan naik ke posisi lima klasemen Liga Primer Inggris.

Pemain West Ham United Tomas Soucek (kanan) merayakan golnya ke gawang Leeds United.
Foto: EPA-EFE/Oli Scarff
Pemain West Ham United Tomas Soucek (kanan) merayakan golnya ke gawang Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- West Ham United kembali ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan dari Manchester United akhir pekan lalu. West Ham menaklukkan Leeds United 2-1 padad laga pekan ke-12 Liga Primer Inggris di Elland Road, Leeds, Sabtu (12/12) dini hari WIB.

Tambahan  tiga poin mengangkat posisi tim asuhan David Moyes tiga tangga ke pringkat lima. The Hammers mengoleksi nilai 20 dari 12 laga, tertinggal 24 poin dari Tottenham Hotspur di puncak. Adapun Leeds United masih terpuruk di posisi 14 dengan nilai 14 dari 12 pertandingan.

Baca Juga

Leeds sebenarnya memulai laga dengan apik. Pada menit keenam, Leeds memimpin lewat penalti Mateusz Klich. Penalti diberikan wasit Michael Oliver setelah penyerang the Whites Patrick Bamford dijatuhkan kiper West Ham Lukasz Fabianski di kotak terlarang.

Awalnya sepakan Klich berhasil dijinakkan Fabianski. Namun Oliver menilai Fabianski bergerak lebih dulu keluar dari garis gawang sehingga penalti diulang. Pada kesempatan kedua, Klich tak membuat kesalahan dengan menggetarkan gawang tamunya.

Namun Tomas Soucek membalas lewat golnya pada menit ke-26. Soucek menyambut sepak pojok Jarrod Bowen di sisi kanan dengan tandukan dari tiang jauh yang tak bisa dihentikan kiper Ilan Meslier.

Tersengat gol ini, Leeds terus menggempur West Ham yang lebih banyak bertahan. Permainan operan cepat dari bawah ke depan dibangun rapi oleh skuad asuhan Marcelo Bielsa. Hanya, serangan yang dibangun tak bisa dituntaskan dengan maksimal. Alhasil skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Bielsa memasukkan dua pemain sekaligus pada awal babak kedua. Jamie Shackleton dan Helder Costa menggantikan Egjizan Alioski dan Jack Harrison. 

Tak banyak perubahan pada babak kedua. West Ham bertahan dengan menumpuk pemain di belakang untuk menyulitkan Leeds mencetak gol. Saat serangan the Whites gagal, West Ham berupaya melancarkan serangan balik dari sisi sayap.

Menit ke-74, Bielsa memasukkan Tyler Roberts menggantikan Bamford dalam upaya memecah kebuntuan di lini depan. Namun, tak banyak yang bisa dilakukan Roberts.

Justru disiplin the Hammers dalam menerapkan strategi bertahan dan melancarkan serangan akhirnya berbuah hasil. Costa menjatuhkan Aaron Cresswell di sisi sayap saat West Ham membangun serangan. Pelanggaran ini tak perlu karena Cresswell sebenarnya dalam posisi yang tak membahayakan pertahanan Leeds.

Aksi Costa harus dibayar mahal. Cresswell kemudian melepaskan tendangan bebas akurat ke arah Angelo Ogbonna. Bola melesat di luar jangkauan Meslier yang dengan mudah ditanduk Ogbonna ke gawang Leeds untuk membawa timnya berbalik unggul pada menit ke-80. 

Pelatih David Moyes kemudian memasukkan Mark Noble pada menit ke-84 menggantikan Said Benrahma dan Ben Johsnon untuk Bowen demi mempertahankan keunggulan. Tuan rumah berupaya mengejar gol penyama. Rodrigo mendapatkan peluang pada menit ke-90, namun tandukannya tepat ke arah Fabianski. Skor 2-1 bertahan hingga Oliver meniup peluit panjang. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement