Ahad 09 May 2021 23:26 WIB

Hamilton Berjaya di GP Spanyol Berkat Strategi Dua Pit Stop

Hamilton mencatatkan waktu tercepat 1 jam 33 menit 7,680 detik.

Pembalap Formula Satu (F1) dari Mercedes Lewis Hamilton merayakan gelar juara GP Spanyol 2021 di podium
Foto:

.

Dengan ban yang lebih baru, Hamilton perlahan memangkas jaraknya dari sang pebalap Red Bull hingga menjadi satu detik.Akan tetapi, Mercedes memutuskan menarik kembali Hamilton ke pit untuk ban medium baru setelah lap 42 sedangkan Verstappen tampak tak senang ketika timnya bertahan dengan satu strategi pitstop.

Hamilton pun menunjukkan kelasnya sebagai raja sirkuit Catalunya dan juara dunia tujuh kali, mengatasi defisit 22 detik dari Verstappen dengan ban medium baru hingga mengambil alih pimpinan lomba di lap ke-60. Bahkan Pete Bonnington, race engineer Hamilton meluapkan kegembiraannya. "Kamu berhasil Lewis, kamu membuat strateginya berjalan dengan cantik," kata dia.

Red Bull yang tak senang terpaksa menarik sang pembalap Belanda yang telah kehabisan ban ke pit dengan lima lap tersisa untuk mengamankan poin di P2. "Kami hanya terlalu lamban, saya tidak tahu bagaimana seharusnya kami menahan mereka agar tetap di belakang," kata Verstappen.

Dengan kemenangan itu Hamilton memperlebar jaraknya di puncak klasemen menjadi 14 dari Verstappen yang membayangi di peringkat dua setelah empat balapan. Valtteri Bottas menyalip Norris dengan keunggulan enam poin untuk menghuni peringkat tiga dengan 47 poin.

Charles Leclerc membuktikan sesumbarnya untuk mengalahkan tim rival McLaren setelah ia membawa mobil Ferrari bernomor 13 finis P4 di depan pembalap Red Bull Sergio Perez. Daniel Ricciardo menjadi pebalap tercepat McLaren hari itu setelah meraih hasil terbaiknya musim ini di P6, sekitar satu detik di depan mobil Ferrari kedua yang dikendarai Carlos Sainz yang harus puas di P7.

Sementara itu, Lando Norris menambah pundi-pundi poin McLaren dengan finis P8 di saat pembalap tim Alpine Esteban Ocon dan Pierre Gasly melengkapi posisi sepuluh besar, meski ia mendapat penalti tambahan waktu karena posisi mobil yang tidak pas di garis start.

Grand Prix Formula 1 selanjutnya akan digelar di sirkuit jalan raya Monako pada 23 Mei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement