Senin 24 May 2021 14:46 WIB

Maldini: Milan Layak atas Apa yang Mereka Dapatkan

kami sangat percaya dan sudah berjuang sepanjang musim ini

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar
Paolo Maldini
Foto: EPA-EFE/Simone Venezia
Paolo Maldini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Paolo Maldini menegaskan tidak ada yang bisa mengatakan bahwa Milan tidak layak mendapatkan tempat kedua di papan klasemen Serie A Italia.

Ia mengaku mendapatkan banyak pelajaran sepanjang menangani Rossoneri. Milan memiliki tugas berat untuk mengalahkan Atalanta di Bergamo demi mengamankan posisi empat besar. Dan mereka melakukannya dengan dua penalti Franck Kessie.

"Saya tidak berpikir ada yang bisa mengatakan kami tidak pantas mendapatkan ini, karena kami percaya dan berjuang sepanjang musim," kata Maldini dikutip dari Football Italia, Senin (24/5).

"Kami adalah skuad termuda di papan atas Italia, kami harus menurunkan tagihan gaji dan menjadi kreatif."

"Klub mendukung, para pemain dan pelatih melakukan pekerjaan yang fantastis. Mentalitas yang kami ciptakan adalah bahwa kami tidak akan memiliki alibi dan itulah rahasia kami," jelasnya.

Maldini juga mendapat pujian atas perannya sebagai direktur dan manajer tim, terutama ketika ia tampaknya disingkirkan oleh Ivan Gazidis pada beberapa tahap. Tapi ia tidak dapat menyangkal ada saat-saat sulit dan penyesalan, tapi tetap percaya segalanya bisa menjadi lebih baik.

"Kami diberi penghargaan atas pilihan yang kami buat, tidak hanya dalam hal pemain, tetapi juga cara kami berkomunikasi. Itu menyelamatkan kami selama saat-saat sulit," ujarnya.

Tim, kata Maldini, mempunyai keyakinan bahkan ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Menurutnya para pemain memiliki potensi untuk melakukan lebih banyak.

Tentu ketika memiliki pemain berusia 20 tahun mengenakan seragam bergengsi seperti ini, mereka tidak dapat langsung mengharapkan semuanya.

"Kesabaran dalam sepakbola itu penting dan tidak semua orang bisa melihat tanda-tanda positif tersebut," katanya.

Ini adalah peran baru baginya jadi ia harus mendapatkan banyak pengalaman, Maldini mengaku beruntung bekerja dengan Leonardo dan belajar banyak darinya.

Karena menurutnya ini adalah skuat yang sangat muda, jadi para direktur harus lebih banyak berbicara dengan para pemain sebagai individu.

"Tantangan terbesar adalah memastikan semua orang merasa menjadi bagian dari proyek Milan ini, bahkan mereka yang sedang dalam masa pinjaman atau merasa akan pindah."

"Saya sangat menikmati pekerjaan ini dan saya berharap untuk melanjutkannya untuk waktu yang lama," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement