Kamis 24 Jun 2021 16:49 WIB

Saat Pemain J League Mentas di Euro, Copa, dan Piala Dunia

Pemain Vissel Kobe, Thomas Vermaelen, membela Belgia di Euro 2020.

Kapten Brasil Dunga saat memperkuat Jubilo Iwata di Liga Jepang.
Foto:

Piala Dunia 2002

Piala Dunia pertama di Asia, pemain dari J.League juga jadi bagian penting dua tim tuan rumah: Jepang dan Korea Selatan. Dari 23 nama pemain timnas Jepang, hanya empat yang tak berasal dari J.League. Samurai Biru berhasil memuncaki grup H usai imbang lawan Belgia dan menang lawan Rusia serta Tunisia.

Sayang, di babak 16 besar mereka harus kalah 0-1 dari Turki. Meski begitu banyak pemain yang kemudian dikenal dunia, seperti Tsuneyasu Miyamoto yang bermain dengan topeng di wajahnya karena patah hidung.

Korea Selatan melaju lebih jauh, sampai ke semifinal, dengan lima pemain berasal dari J.League. Salah satu nama yang kemudian mendunia dan jadi bintang terbesar Asia tentu saja Park Ji-sung yang saat itu bermain untuk Kyoto Purple Sanga.

Selain itu ada dua pemain Kashiwa Reysol, Hwang Sun-hong dan Yoo Sang-chul, serta Choi Yong-soo (JEF United Ichihara) dan Yoo Jong-hwan (Cerezo Osaka).

Piala Dunia 2010

Korea Utara lolos ke Piala Dunia kali pertama sejak 1966, mereka mengandalkan dua pemain asal J.League. Penyerang Jong Tae-se saat itu bermain bersama Kawasaki Frontale, selain itu ada gelandang An Yong-hak yang berseragam Omiya Ardija. Keduanya bermain di setiap menit pertandingan Korea Utara, meski harus tersingkir di babak grup.

Timnas Jepang lagi-lagi membawa 19 pemain J.League, dengan hanya empat pemain di skuad yang berasal dari klub luar Jepang. Eiji Kawashima (Kawasaki Frontale) tampil gemilang di bawah mistar, ditambah juga Yuji Nakazawa (Yokohama F. Marinos) dan Marcus Tulio Tanaka (Nagoya Grampus) tak tergantikan di lini belakang.

Di tengah ada Yasuhito Endo (Gamba Osaka) dan juga Shinji Okazaki (Shimizu S-Pulse), keduanya mencetak gol saat menang 3-1 lawan Denmark di laga terakhir babak grup. Lolos ke babak 16 besar, Endo termasuk jadi algojo yang berhasil dalam babak adu penalti lawan Paraguay, sayang mereka harus kalah 3-5 dan tersingkir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement