Ahad 08 Aug 2021 12:34 WIB

Tekuk Jepang, Tim Basket Putri AS Raih Emas Olimpiade

Tim basket putri AS menyamai pencapaian putra di ajang yang sama.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Tim basket putri Ameria Serikat merayakan keberhasilan meraih medali emas setelah menaklukkan Jepang, Ahad (8/8).
Foto: EPA-EFE/KIYOSHI OTA
Tim basket putri Ameria Serikat merayakan keberhasilan meraih medali emas setelah menaklukkan Jepang, Ahad (8/8).

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Tim Bola Basket putri Amerika Serikat (AS) berhasil memastikan diri sebagai peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan tuan rumah,nJepang, dengan skor akhir 90-75, yang berlangsung di Saitama Super Arena, Ahad (8/8) pagi WIB tadi.

Praktis ini menjadi gelar keenam secara beruntun bagi tim basket putri Amerika Serikat di ajang olahraga multicabang terbesar dunia.

Unggul postur tubuh, para pemain AS tampil dominan di arena pertahanan saat membendung serangan tuan rumah, Jepang.

Upaya pun tekanan yang datang dari para pemain Jepang kerap mudah digagalkan oleh pemain AS. Bahkan ketika sudah mendapat kesempatan lay up.

Amerika unggul dalam pengumpulan poin di kuarter pertama hingga ketiga. Jepang hanya mampu mencetak poin lebih banyak pada kuarter keempat, 19-15.

Brittney Griner tampil gacor di kubu Paman Sam. Ia total mengoleksi poin terbanyak dengan 30 poin dan lima rebound. Disusul Wilson A'ja 19 poin dan Breanna Stewart menyumbang 14 poin.

Sementara di kubu Jepang, Nako Motohashi tampil apik dengan lemparan-lemparan tiga angkanya. Ia memasukkan empat dari lima lemparan three point yang dilakukan. Total Nako Motohashi mencetak 16 poin, yang kedua terbanyak di timnya setelah Maki Takada (17).

Pada kuarter pertama AS sempat unggul cepat 18-8 jelang empat menit pertandingan berakhir. Jepang yang kurang diunggulkan pada laga ini selalu berusaha untuk menyerang tapi kerap mudah dipatahkan.

Tuan Rumah memperbaiki permainan pada kuarter kedua. Jepang pun bisa terus mendekat 21-28. Perbedaan tinggi tubuh memang sangat menguntungkan Amerika Serikat. Beberapa kali serangan Jepang mudah sekali di blok, AS akhiri kuarter kedua 50-39.

Rui Machida membuat Jepang mendekati AS dengan 43-56 pada kuarter ketiga lewat tembakan dua poinnya. Namun AS juga menaikkan level permainannya sehingga akhiri kuarter ketiga 75-56.

Wilson A'ja dan kolega mencoba untuk menjauhi Jepang dalam perolehan poin pada kuarter keempat. Kombinasi Breanna Stewart dan Brittney Griner cukup repotkan usaha Jepang.

Hingga empat menit jelang pertandingan berakhir, AS tampil superior dan sukses meredam perlawanan Jepang dengan total nilai 90-75.

Keberhasilan ini menjaga dominasi tim basket putri AS di Olimpiade. Mereka merebut emas ketujuhnya secara beruntun. Pun dengan Jepang, meski hanya mencatat medali perak ini merupakan torehan terbaik tim basket putri Jepang.

Sebelumnya catatan terbaik mereka terjadi pada 1976 dengan mengakhiri perjalanan di posisi kelima Olimpiade.

Di sisi lain, medali perunggu tim basket putri direbut oleh Prancis yang berhasil mengalahkan Serbia dengan perolehan angka 91-76.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement