Rabu 25 Aug 2021 17:02 WIB

Selain Arteta, Edu Juga Terancam Dipecat Arsenal

Nama Marc Overmars muncul sebagai calon pengganti Edu.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Edu (kiri) bersama Mikel Arteta.
Foto: INSTAGRAM EDU GASPAR
Edu (kiri) bersama Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Performa mengecewakan Arsenal pada dua laga awal Liga Primer Inggris musim ini ternyata tidak hanya berimbas pada kemungkinan pemecatan Mikel Arteta sebagai pelatih kepala. Bayang-bayang pemecatan juga menghantui Edu, yang saat ini menjabat sebagai direktur teknik Arsenal. Bahkan, Dewan Direksi Arsenal dikabarkan sudah menyusun daftar nama calon pengganti Edu. 

Salah satu nama yang muncul adalah mantan winger Arsenal, Marc Overmars. Saat ini, Overmars diketahui tengah menduduki jabatan sebagai direktur sepak bola Ajax Amsterdam. 

Baca Juga

''Kelanjutan kiprah Edu sebagai direktur teknik Arsenal tengah berada dalam sorotan tajam. Kemampuan Edu dalam merancang strategi perekrutan pemain mulai diragukan oleh Dewan Direksi Arsenal. Sejumlah nama, mulai dari Marc Overmars, Ralf Rangnick, hingga Michael Emenalo, telah masuk dalam daftar nama calon pengganti Edu," tulis laporan Express, Rabu (25/8). 

Edu ditunjuk sebagai direktur teknik Arsenal pada 2019. Pernah memperkuat Arsenal pada kurun waktu 2001-2005, Edu dinilai mengerti dan paham dengan situasi klub. Sebagai direktur teknik, Edu memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengatur strategi dan kebijakan transfer pemain Arsenal. 

Namun, dalam dua tahun terakhir, kebijakan transfer pemain yang dirancang Edu belum bisa memberikan keuntungan buat the Gunners. Sejak kehadiran Edu, Arsenal diketahui telah mengucurkan dana transfer lebih dari 300 juta poundsterling. 

Namun, besarnya pengeluaran transfer ini tidak disertai dengan penghasilan yang didapat dari penjualan pemain. Dalam dua tahun terakhir, Arsenal hanya mendapatkan dana transfer 80 juta poundsterling dari penjualan pemain. Sejumlah pemain yang direkrut Arsenal dengan nilai transfer selangit akhirnya meninggalkan the Gunners dengan status free transfer. Mulai dari kepergian Mesut Oezil ke Fenerbahce, kepindahan Sokratis ke Olympiakos, hingga transfer Shkodran Mustafi. 

Juga langkah sembrono Edu dalam mendatangkan pemain. William Saliba, yang direkrut dengan nilai transfer mencapai 27 juta poundsterling pada 2019 tidak pernah memperkuat Arsenal di laga kompetitif. Saliba akhirnya dipinjamkan ke Marseille. Ironisnya, The Gunners mendatangkan Ben White, yang memiliki posisi yang sama dengan Saliba, dengan nilai transfer mencapai 50 juta poundsterling pada jendela transfer awal musim ini. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement