Jumat 27 Aug 2021 21:10 WIB

Bali United Menang Tipis 1-0 Atas Persik Kediri

Gol tunggal Bali United ke gawang Persik Kediri pada pembuka Liga 1 dicetak M Rahmat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bali United menjadi tim pertama yang mendapatkan poin dalam kompetisi Liga 1 2021/22. Ini setelah Serdadu Tridatu mengatasi perlawanan Persik Kediri 1-0 pada laga pembuka BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (28/8) malam. Muhammad Rahmat mencetak gol kemenangan Bali United. 

Bali United mengawali serangan ke lini pertahanan Persik. Namun, belum ada ancaman berarti pada percobaan pertama. Pada menit ke delapan, Andhika mencoba memberikan umpan kepada Spasojevic dari sisi kanan. Namun, percobaan itu masih dapat dihentikan oleh pemain belakang Persik.

Baca Juga

Bali United menciptakan peluang pertama mereka saat Melvin Platje menerima umpan di area pertahanan Persik. Ia langsung melepaskan tendangan cungkil, tapi percobaan itu masih meleset di atas mistar gawang.

Pada menit ke-12 Persik justru mendapatkan keuntungan dengan hadiah penalti yang diberikan oleh wasit. Namun, peluang itu sia-sia karena tendangan Youssef Ezzejari dari titik putih berhasil ditepis oleh Wawan Hendrawan. Bola rebound yang Ezzejari sambut setelah itu pun meleset di atas mistar gawang.

Bali mendominasi jalannya permainan hingga di menit ke-20, Pacheco menyambut umpan di tengah kotak penalti dengan tendangan voli yang mengarah langsung ke gawang. Sayangnya, bola hanya melesat di atas mistar gawang.

Persik tampak mulai beradaptasi dengan permainan, mereka akhirnya memberikan ancaman. Peluang tercipta di menit ke-23 ketika Ahmad Agung menerima umpan di sisi kanan gawang Bali dengan tandukannya. Namun, upaya tersebut dapat dihentikan oleh Wawan dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Kedua tim terus berupaya merubah keadaan, beberapa peluang berhasil diciptakan namun tidak ada yang berhasil dikonversi menjadi gol. Skor bertahan imbang hingga turun minum.

Pada babak kedua, Persik bermain lebih agresif. Namun mereka gagal memberikan ancaman berarti ke gawang Bali United. Kemelut yang sempat terjadi di muka gawang Bali berhasil diatasi oleh Wawan. 

Pada menit ke-54 Platje melepaskan tembakan langsung ke gawang tapi mengarah tepat ke arah Dikri. Selanjutnya, Spaso yang menerima umpan di kotak penalti hanya membelokkan bola ke sisi kanan gawang. 

Bali terus membuka peluang mereka, Fadil beberapa kali memberikan umpan dari sisi kiri gawang. Namun, pemain Bali yang menunggu di muka gawang Persik gagal menyambut umpan dengan baik. 

Bali United akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-83 melalui gol yang diciptakan oleh Rahmat setelah menerima umpan terobosan dari Platje di tengah kotak 16. Tendangan kaki kanan Rahmat yang mengarah ke sisi kiri gawang Persik gagal dihalau oleh Dikri. Skor ini bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. 

Berikut susunan pemain kedua tim:

Bali United (4-3-3)

Wawan Hendrawan (kiper), I Made Andhika Pradana (Dias Angga P 77'), Leonard Tupamahu, Michael Yansen, Willian Pacheco, Brwa Nouri, Fadil (Kadek Agung 69'), Rizky Pellu (Lerby Pong Babu 77'), Melvin Platje (Yabes Roni 86'), Ilija Spasojevic, Fahmi Al-ayyubi (M Rahmat 46')

Cadangan: Nadeo Winata, Dias Angga P, Haudi Abdillah, Komang Tri, Gavin Kwan, Taufiq

Pelatih: Stefano Cugurra

Persik Kediri (4-4-2)

Dikri Yusron (kiper), Arthur Felix, Dany Saputra, Ibrahim Sanjaya, OK John (Aldo Claudo 64'), Prahalabenta Ranggalelana, Vava Mario Yagalo (Faris Aditama 87'), Ady Eko, Ahmad Agung (Hariyanto Panto 87'), Ibrahim Bahsoun (Antoni Putro 39'), Youssef Ezzejari 

Cadangan: Dian Agus, M. Sabillah, Agil Munawar, Doe Sackie, Bayu Otto, Septian Bagaskara

Pelatih: Joko Susilo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement