Kamis 21 Oct 2021 13:20 WIB

Janji Ansu Fati Usai Teken Kontrak Anyar Bersama Barcelona

Ansu Fati akan membela Barcelona sampai 2027.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Ansu Fati dari Barcelona.
Foto: AP/Joan Monfort
Ansu Fati dari Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona akhirnya memperpanjang kontrak Ansu Fati. Winger berusia 18 tahun itu telah menandatangani kontrak berdurasi enam tahun. Dengan kontrak anyarnya ini, Fati diharapkan terus memperkuat klub asal Katalunya itu hingga 2027 mendatang. 

Seperti halnya saat memperpanjang kontrak Pedri, beberapa waktu lalu, Barcelona juga menyertakan nilai klausul pelepasan yang cukup besar. Tidak tanggung-tanggung, klub yang menginginkan pemain keturunan Guineau-Bissau itu di tengah kontrak harus membayar 1 miliar euro. 

Baca Juga

Sebelumnya, kontrak Fati diketahui bakal habis pada akhir musim ini. Pengumuman penandatangan kontrak baru jebolan akademi sepak bola La Masia itu terjadi usai memperkuat Barcelona pada laga kontra Dynamo Kiev, Kamis (21/10) dini hari WIB. 

"Barcelona dan Ansu Fati telah mencapai kesepakatan untuk memperbarui kontraknya hingga 2027 mendatang. Nilai klausul pelepasan Fati ditetapkan sebesar 1 miliar euro," tulis pernyataan Barcelona di laman resmi klub.

Fati pun mengumbar janji usai menandatangani kontrak anyar bersama Barcelona. Ia merasa bersyukur masih bisa diberi kesempatan memperkuat Barcelona. Untuk itu, Fati akan berupaya keras untuk kembali memberikan kontribusi maksimal di atas lapangan. 

"Sekarang, saya harus kembali bekerja keras dan mengembalikan kepercayaan diri di atas lapangan. Targetnya, seperti sebelum-sebelumnya, adalah untuk terus meningkatkan kemampuan dari hari ke hari, baik sebagai pesepak bola ataupun sebagai pribadi. Selain itu, berusaha keras untuk bisa membawa klub ini bersaing dalam perebutan gelar juara," tutur Fati seperti dikutip Diario Sports.

Usai absen selama lebih dari sembilan bulan akibat cedera lutut kiri sejak pertengahan musim lalu, Fati sudah kembali memperkuat tim utama Blaugrana. Pemain yang mewarisi nomor punggung 10 milik Lionel Messi itu pun telah menyumbang dua gol dan satu assist dari lima penampilannya di semua ajang, termasuk tiga laga di pentas La Liga, pada musim ini. 

Sejak menembus tim utama Barcelona pada 2019 silam, Fati telah mengemas 15 gol dan enam assist dari 48 penampilan di semua ajang. Pengoleksi empat caps buat tim senior Spanyol itu tercatat menggenggam sejumlah rekor impresif di Barcelona. Mulai dari pemain termuda kedua yang memperkuat tim utama Barca (saat baru berusia 16 tahun dan 298 hari), pencetak gol termuda Barcelona di arena La Liga, pemain termuda Barcelona yang mencetak gol dan asisst di satu partai La Liga, hingga pencetak gol termuda Blaugrana di pentas Liga Champions. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement