Kamis 28 Oct 2021 18:59 WIB

Barcelona Serius Ingin Pulangkan Xavi Sebagai Pelatih

Xavi dianggap mengerti sepenuhnya karakter permainan Barcelona.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Selepas memecat Ronald Koeman, Barcelona langsung bergerak cepat mencari pelatih baru. Nama Xavi Hernandez menjadi kandidat terkuat yang dipilih petinggi klub.

Jagad maya sempat dihebohkan dengan berita pemecatan Koeman dari kursi kepelatihan Blaugrana pada Kamis (28/10) pagi WIB. Di satu sisi, hal ini disebut menjadi kabar gembira bagi pendukung Barcelona.

Baca Juga

Pasalnya, performa Sergio Busquets dan kawan-kawan dinilai menurun di tangan Koeman. Sejak menangani tim pada Agustus tahun lalu, Barcelona kerap dikalahkan oleh tim-tim dengan skor besar sehingga gelar La Liga Spanyol dan Liga Champions lepas dari genggaman.

Alhasil, petinggi klub memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Koeman setelah Barcelona menelan kekalahan beruntun atas Real Madrid dan Rayo Vallecano. Barcelona pun ingin mencari pengganti secara langsung.

Dalam laporan Football Espana, Kamis (28/10), nama Xavi menjadi daftar teratas. Xavi yang kini menjadi pelatih Al-Sadd dinilai pantas menangani Barcelona karena sempat berbakti kepada klub itu selama dua dekade.

Mantan kapten Barcelona itu juga dianggap mengerti sepenuhnya karakter permainan Blaugrana. Meski pengalaman melatih klub masih minim, pihak Barcelona tak ambil pusing dan tetap mendekati Xavi.

Sembari membujuk Xavi, Barcelona menunjuk Albert Capellas sebagai pelatih sementara tim. Capellas yang sebelumnya menjadi asisten Jordi Cryuff di Cina diminta memimpin skuad dalam beberapa waktu mendatang.

Capellas yang juga mantan pelatih Barcelona B dinilai pantas menjadi pelatih sementara karena sudah paham dengan dinamika tim saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement